IND | ENG
Kepolisian Mumbai Rekrut Baby Yoda untuk Kampanye Keamanan Siber

Baby Yoda

Kepolisian Mumbai Rekrut Baby Yoda untuk Kampanye Keamanan Siber
Arif Rahman Diposting : Senin, 25 Mei 2020 - 12:29 WIB

Cyberthreat.id - Kepolisian Mumbai, India, sepertinya telah merekrut karakter film Star Wars dalam kampanye meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan siber (cybersecurity).

Kepolisian Mumbai dikenal kreatif dan punya reputasi online yang positif dalam mengirimkan pesan, narasi, hingga meme lucu dalam berkampanye, terutama di akun Instagram-nya.

Pada Senin (18 Mei 2020) tim media Kepolisian Mumbai memposting meme yang menggunakan karakter Baby Yoda untuk menarik perhatian Netizen. Yoda disandingkan dengan seorang Trooper yang memintanya untuk memejamkan mata. Trooper merupakan karakter pasukan di film Star Wars.

"Apa yang Anda lihat, kawan," kata sang Trooper.

Sambil menutup matanya Yoda menjawab, "Tidak ada, bro."

Jawaban berikutnya dari Trooper cukup lucu dan membuat orang tertawa. Ia mengatakan, ketika Yoda membuka matanya dalam sekejap, itu ibarat uang yang hilang dari saldo rekening jika seseorang membagikan password-nya kepada orang lain.

"Itu saldo bank Anda setelah membagikan password kepada saya, kawan," jawab sang Trooper.

Pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat adalah, "jangan pernah membagikan password" kepada orang lain.

Postingan lucu dan nge-hit seperti itu mendapat tanggapan banyak Netizen. Ada yang menyatakan penghargaan kepada postingan tersebut dengan mengisi kolom komentar lewat berbagai pujian.

Pengguna di akun dandekarvaibhav mengatakan, "Polisi Mumbai berbagi meme bertema Star Wars. This made my day," ujarnya.

Akun uppalakshit menyindir dengan mengatakan "Itulah saldo Bank selama Lockdown ...". Pemerintah India diketahui telah memperpanjang masa Lockdown guna melawan penyebaran Covid-19.

Pesan kreatif dan mendapat tanggapan banyak netizen jauh lebih 'menancap' di pikiran banyak orang. Kepolisian Mumbai sengaja melakukan hal ini untuk mengingatkan banyak orang.

Ada juga yang berupaya mengkritik meme tersebut seperti akun ashwitha4real mengatakan, "Meme itu bagus, tetapi ada kelompok di Telegram yang menyerang wanita secara seksual, membuat video, dan membagikannya. Mohon lakukan sesuatu tentang hal itu," ujarnya.

Sepekan postingan tentang Baby Yoda ini tampil di laman Instagram Kepolisian Mumbai berhasil meraih lebih dari 24 ribu tombol like serta mendapatkan lebih dari 200 komentar.[]

#instagram   #kampanyecybersecurity   #keamananinformasi   #kepolisian   #mediasosial   #starwars   #babyyoda

Share:

BACA JUGA
Integrasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp, Bagaimana Keamanannya?
Tren Baru Ransomware, Berlomba-lomba Meluncurkan Situs Web Lelang Data
Anggota Komisi I: Kalau Pemerintah dan DPR Ngotot, RUU PDP Cepat Selesai
Cerita Muhammad Thomas Fadhila Temukan Bug di Tokopedia dan Instagram
Apakah Operator Seluler Simpan Data Pribadi Pengguna? Ini Penjelasan BRTI