The Hacker News
The Hacker News
Cyberthreat.id - Meta mengumumkan rencana menawarkan opsi bebas iklan untuk mengakses Facebook dan Instagram bagi pengguna di Uni Eropa (UE), Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), dan Swiss. Tujuannya untuk mematuhi peraturan perlindungan data yang "berkembang" di wilayah tersebut.
Langganan bebas iklan, dengan biaya €9,99/bulan di web atau €12,99/bulan di iOS dan Android, diharapkan tersedia secara resmi mulai bulan depan. Usulan perusahaan untuk versi berlangganan layanannya pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal awal bulan ini.
“Pada bulan November, kami akan menawarkan kepada orang-orang yang menggunakan Facebook atau Instagram dan tinggal di wilayah tersebut pilihan untuk terus menggunakan layanan yang dipersonalisasi ini secara gratis dengan iklan, atau berlangganan untuk berhenti melihat iklan,” kata perusahaan tersebut.
"Saat orang-orang berlangganan, informasi mereka tidak akan digunakan untuk iklan."
The Hacker News melaporkan, bahwa meskipun biaya tersebut mencakup semua akun tertaut untuk pengguna, mulai 1 Maret 2024, perusahaan berencana memungut biaya tambahan — sebesar €6/bulan di web dan €8/bulan di iOS atau Android — untuk setiap akun tambahan yang terdaftar di Pusat Akun pengguna.
Konsesi ini muncul setelah raksasa teknologi itu didenda €390 juta pada bulan Januari, terkait pelanggaran undang-undang privasi utama Eropa, Peraturan Perlindungan Data Umum.
Secara khusus, Komisi Perlindungan Data Irlandia (DPC) menemukan bahwa agar pengguna dapat mengakses real estate digital Meta, mereka tidak punya pilihan selain menerima persyaratan layanan dan oleh karena itu menyetujui untuk mengizinkan iklan bertarget berdasarkan aktivitas online mereka.
Pada bulan Agustus 2023, Meta mengatakan pihaknya bermaksud untuk beralih ke pendekatan berbasis izin, memberikan pengguna pilihan untuk menolak praktik periklanan perilakunya.
Meta juga menunjukkan bahwa model berlangganannya adalah "bentuk persetujuan yang sah untuk layanan yang didanai iklan," mengutip keputusan Pengadilan Uni Eropa (CJEU) pada bulan Juli, yang menyatakan bahwa platform online dapat menawarkan alternatif yang setara " dengan biaya yang sesuai" yang "tidak disertai dengan operasi pemrosesan data tersebut."
Bertepatan dengan perkembangan tersebut, Meta juga akan menghentikan sementara penayangan iklan apa pun kepada pengguna berusia di bawah 18 tahun di wilayah di mana langganan bebas iklan tersedia, mulai 6 November 2023.
“Pilihan bagi masyarakat untuk membeli langganan tanpa iklan menyeimbangkan persyaratan regulator Eropa sekaligus memberikan pilihan kepada pengguna dan memungkinkan Meta untuk terus melayani semua orang di UE, EEA, dan Swiss,” tambah perusahaan itu.[]
Share: