
Ilustrasi
Ilustrasi
Cyberthreat.id - Selama ini Instagram tidak menghidupkan tautan link yang disertakan penggunanya pada keterangan foto yang diunggah. Satu-satunya tempat untuk menaruh link yang bisa terhubung dalam sekali klik hanya di bio pada kolom profil.
Nah, kayaknya Instagram mencium aroma duit jika menghidupkan link pada keterangan foto yang diunggah penggunanya.
Dilansir dari The Verge, rencana Instagram memungut biaya ketika penggunanya menyertakan link dalam keterangan foto atau caption itu ditemukan oleh media berita Protocol dalam kumpulan aplikasi paten teknologi.
Aplikasi paten itu, pertama kali diajukan perusahaan induk Instagram, Facebook, pada 26 Januari 2016 dan dikeluarkan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat pada 8 September 2020. Dalam paten itu, Facebook menjelaskan mekanisme pengenaan biaya untuk menambahkan tautan pada keterangan foto.
Jika menulis sebuah tautan atau link di keterangan foto, nantinya akan muncul pop-up yang menanyakan apakah pengguna ingin membayar US$2 (Rp29 ribu) untuk menayangkan tautan yang disertakan dalam keterangan foto tersebut. Terlihat dua pilihan dalam kotak pop-up yang muncul yakni “Yes” or “No”.
Aplikasi paten berjudul "menambahkan tautan berbayar ke teks media dalam sistem jejaring sosial" itu menjelaskan bagaimana sistem akan bekerja.
"Jika sistem online mendeteksi konten teks dari teks tersebut termasuk string teks tautan yang mengidentifikasi alamat, sistem akan meminta pengguna untuk membayar biaya sebagai imbalan untuk menghasilkan tautan,” bunyi paten itu, seperti dilansir dari The Verge.
Menyertakan link atau tautan pada keterangan foto, ke sebuah cerita atau story, produk dan sebagainya itu, telah lama dikeluhkan sebagian besar pengguna Instagram. Pasalnya, saat ini pengguna Instagram tidak dapat menambahkan tautan ke keterangan foto. Jika pun disertakan, link itu tidak bisa diklik.
Kebanyakan pengguna memanfaatkan “tautan di bio” atau jika pengguna yang sudah terverifikasi dapat menambahkan tautan ke cerita atau Storiesnya semacam fitur swipe up yang sering kali digunakan para influencer atau selebriti instagram.
“Namun, seperti halnya paten lainnya, biasanya paten yang diajukan untuk produk dan layanan tidak pernah membuahkan hasil, jadi tidak ada yang tahu apakah atau kapan fitur ini benar-benar terjadi.” tulis The Verge.[]
Editor: Yuswardi A. Suud
Share: