
ilusstrasi
ilusstrasi
Cyberthreat.id – YouTube saat ini menjalankan apa yang digambarkannya sebagai "eksperimen kecil secara global", memperingatkan pengguna untuk mematikan pemblokir iklan mereka dan menghindari pembatasan hanya pada tiga tampilan video.
Dikutip dari Bleeping Computer, seperti yang pertama kali terlihat oleh pengguna Reddit pada hari Rabu, YouTube sekarang menampilkan pop-up yang memberi tahu pengguna pemblokir iklan yang ditargetkan oleh tes ini bahwa "pemutar video akan diblokir setelah 3 video".
“Sepertinya Anda mungkin menggunakan pemblokir iklan, pemutaran video akan diblokir kecuali YouTube diizinkan atau pemblokir iklan dinonaktifkan,” kata Youtube.
Iklan memungkinkan YouTube tetap gratis untuk miliaran pengguna di seluruh dunia. Anda bisa bebas iklan dengan YouTube Premium, dan pembuat konten masih bisa mendapatkan bayaran dari langganan pengguna.
Setelah menerima peringatan ini, pengguna YouTube hanya memiliki dua opsi: menonaktifkan pemblokir iklan mereka dan mengizinkan iklan atau berlangganan YouTube Premium untuk menghilangkan semua iklan. YouTube mengonfirmasi peringatan tersebut sebagai bagian dari eksperimen dan mengatakan perusahaan mendesak pemirsa untuk mengizinkan iklan di platform atau mencoba YouTube Premium.
"Kami sedang menjalankan percobaan kecil secara global yang mendesak pemirsa dengan pemblokir iklan diaktifkan untuk mengizinkan iklan di YouTube atau mencoba YouTube Premium," kata YouTube kepada BleepingComputer.
Ketika ditanya apakah perusahaan berencana untuk memblokir pengguna mengakses platform jika mereka menggunakan pemblokir iklan, YouTube mengatakan bahwa pemutaran mungkin dinonaktifkan sementara dalam "kasus ekstrem".
"Dalam kasus ekstrim, di mana pemirsa terus menggunakan pemblokir iklan, pemutaran akan dinonaktifkan untuk sementara. Kami sangat serius dalam menonaktifkan pemutaran, dan hanya akan menonaktifkan pemutaran jika pemirsa mengabaikan permintaan berulang kali untuk mengizinkan iklan di YouTube," kata perusahaan itu.
Untuk mencegah gangguan sebagai bagian dari eksperimen ini, pemirsa yang menggunakan pemblokir iklan dapat menonaktifkan pemblokir iklan mereka, mengizinkan iklan YouTube, atau berlangganan YouTube Premium. YouTube tidak membagikan berapa banyak dan wilayah mana yang terlibat dalam eksperimen ini dan melihat peringatan ini.
Ini mengikuti "eksperimen kecil" lainnya di bulan Mei, ketika YouTube menguji secara langsung memblokir pengguna pemblokir iklan untuk mengakses platform. Deteksi pemblokir iklan bukanlah hal baru, dan penerbit lain secara teratur meminta pemirsa untuk menonaktifkan pemblokir iklan.
Share: