
Wajah baru Firefox | Foto: Mozilla
Wajah baru Firefox | Foto: Mozilla
Cyberthreat.id – Peramban web populer, Firefox, datang dengan wajah baru baik versi desktop maupun seluler. Sang pengembang, Mozilla, mendesain ulang tampilan aplikasinya: lebih segar dan modern.
Dengan rilis Firefox baru hari ini (baca: kemarin), kami juga menghadirkan tampilan baru yang modern yang dirancang untuk…Anda memiliki pengalaman web baru yang segar,” tutur Mozilla.
Namun, “Kami selalu mendukung privasi Anda dan masih melakukannya,” perusahan menambahkan seperti dikutip dari blog perusahaan, Selasa (1 Juni 2021).
“Kami pikir browser harus menjadi bagian dari perangkat lunak yang dapat Anda andalkan sehingga menyenangkan dilihat dan bekerja tanpa hambatan,” tutur Mozilla.
Apa yang baru?
Selain tampilan yang menawan, Firefox baru diklaim lebih cepat dalam pemuatan halaman dan menggunakan lebih sedikit memori.
Perubahan yang paling mencolok adalah pada bagian tampilan address bar. Tab sekarang lebih besar dari sebelumnya. Jika Anda sedang berada di halaman yang dibuka, bar akan melayang, terlihat mencolok—Anda pun tak perlu khawatir salah klik ketika sedang membuka banyak tab.
Alasan Mozilla membuat seperti itu agar pengguna lebih mudah memindahkan posisi tab. “Kami ‘memisahkan’ tab dari browser untuk Anda bisa mengatur ulang dan menarik tab ke jendela baru sesuai dengan alur Anda…agar (tab) lebih mudah ditemukan,” tutur Mozilla.
Desain lain adalah bilah alat (toolbar) sekarang dibersihkan agar tidak terlihat berantakan.
Untuk memberi pengalaman web yang nyaman, Mozilla menutup notifikasi.
“Kami (juga) secara khusus mengurangi beberapa permintaan ulang terkait dengan masuk dan keluar dari rapat Google Meet. Dengan antarmuka yang dikemas sederhana sekarang, Anda dapat mengakses semua panggilan web dan rapat dengan lebih sedikit klik,” tulis Mozilla. Seperti gambar berikut ini.
Mozilla mengklaim dalam sebulan terdapat 17 miliar klik di browser-nya. Dari miliaran klik ini, tiga area utama dalam browser yang dikunjungi, yaitu
Share: