IND | ENG
Portofolio Saham di Aplikasi MOST Masih Error, Medsos Mandiri Sekuritas Diserbu Investor

Akun Twitter Mandiri Sekuritas

Portofolio Saham di Aplikasi MOST Masih Error, Medsos Mandiri Sekuritas Diserbu Investor
Yuswardi A. Suud Diposting : Senin, 25 Januari 2021 - 12:30 WIB

Cyberthreat.id - Hingga sesi pertama perdagangan di bursa Bursa Efek Indonesia berakhir pukul 11.30 WIB, Senin (25 Januari 2021, aplikasi jual beli saham MOST dari Mandiri Sekuritas belum normal. Tampilan laba rugi di portofolio belum normal. Bahkan, harga rata-rata sebuah saham yang sudah dikoleksi juga berubah. (Berita sebelumnya: Aplikasi MOST Mandiri Sekuritas Error, Laporan Portofolio Saham Amburadul).

Sejumlah investor retail pengguna MOST yang panik kemudian mencoba mencari tahu apa yang terjadi lewat akun media sosial Mandiri Sekuritas yang merupakan anak usaha perusahaan milik negara, Bank Mandiri.

Di Twitter, misalnya, akun Mandiri Sekuritas @Mandiri_OLT yang dalam unggahan terbarunya mempromosikan prospek saham, malah dibanjiri komentar yang mempertanyakan amburadulnya jumlah uang yang muncul di portofolio mereka.

"Pagi2 MOST udh error.. Admin... Gimanaa inii portofolio sayaa??? Angkanya pada ngacoo... Duit itu," tulis akun @pisanggoreeeng.

"Nggak ada tanggapan dr most nih, knp porto ngaco gitu?," tambah @ipangmohamed

"Baca repliesnya ternyata saya ga sendiri, angka di portofolio apps most ngaco banget wkwkw. ayo min diperbaiki, baru juga pasar buka," sambar @marscof

"Errornya memperdalam kepedihan portofolioku, fix dong....@Mandiri_OLT," tulis akun @proxymous.

"Angka di porto bermasalah, fund transfer open terus ga ke approved hadeuh dan ga ada tanggapan sama skali dari adminnya," tambah akun @krisnaferrer.

Bagi yang belum tahu, fund transfer adalah permintaan pencairan uang dari rekening sekuritas ke rekening bank agar uangnya bisa ditarik untuk digunakan sehari-hari. Pencairan uang ini hanya bisa dilakukan sebelum sesi pertama perdagangan saham berakhir pukul 11.30 WIB.  

Amatan Cyberthreat.id, hingga pukul 12.20 WIB, tidak ada satu pun keluhan investor retail pengguna MOST yang dibalas oleh admin Mandiri Sekuritas.

Masalah ini terjadi sejak awal bursa saham dibuka pagi ini pukul 09.00 WIB. Awalnya, aplikasi sama sekali tidak bisa dibuka. Setiap mencoba login, pengguna otomatis dibawa keluar.

Tak lama kemudian, pengguna bisa login ke dalam aplikasinya, namun laporan portofolio saham yang telah dibeli terlihat amburadul. Pengguna yang semula sudah mendapatkan keutungan mengambang (floating profit) yang belum direalisasikan (karena sahamnya belum dijual), tiba-tiba menemukan angkanya berubah.

Mandiri Sekuritas sendiri pada pukul 09.08 WIB membuat pemberitahuan di aplikasi bahwa aplikasi mobile MOST sedang mengalami kendala teknis.

"Bapak/Ibu nasabah yang terhormat saat ini sistem MOST sedang mengalami kendala teknis dan dalam perbaikaan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," tulis Mandiri Sekuritas.

Pukul 10.54 WIB, muncul lagi pemberitahuan bahwa aplikasi telah dapat digunakan, namun masih ada masalah dalam tampilan portofolio.

Mandiri Sekuritas tidak menjabarkan masalah apa yang sesungguhnya dihadapi, melainkannya hanya menyebutnya sebagai "kendala teknis." []

Update:

#mandirisekuritas   #most   #saham

Share:




BACA JUGA
Klaim Geng Ransomware LockBit 3.0 Dilabeli Hoaks, Ini Penjelasan Mandiri Sekuritas
Geng Ransomware LockBit 3.0 Masukkan Mandiri Sekuritas dalam Daftar Korban. Ancam Publikasikan Data Akhir Maret
Delapan Influencer Terjerat Penipuan Saham Skema Pump-and-Dump
Bobol Data Perusahaan AS Demi Cuan Saham, Warga Rusia Diekstradisi
Aplikasi Bukalapak Jadi Sasaran Kekesalan Investor Saham Nyangkut