IND | ENG
Adobe Blokir Seluruh Konten Flash setelah 12 Januari 2021

Adobe Flash | Foto: betanews.com

Adobe Blokir Seluruh Konten Flash setelah 12 Januari 2021
Andi Nugroho Diposting : Kamis, 10 Desember 2020 - 14:09 WIB

Cyberthreat.id – Adobe pada Selasa (8 Desember 2020) baru saja merilis pembaruan terakhir untuk aplikasi Flash Player sebelum memensiunkannya.

Dalam pembaruan tersebut, perusahaan perangkat lunak untuk grafis, video, dan web asal San Jose, Amerika Serikat itu hanya memperbarui bahasa yang dipakai pada jendela perintah pencopotan (uninstall) Flash Player sebelum masa pakainya berakhir.

“Juga, untuk menyadarkan pengguna bahwa mulai 12 Januari 2021, Adobe akan memblokir konten Flash agar tidak berjalan,” tutur Adobe seperti dikutip dari ZDNet, portal berita cybersecurity, diakses Kamis (10 Desember).

Adobe mengatakan, setelah melewati tanggal tersebut semua jenis konten Flash tidak akan berjalan di aplikasi Flash.

Adobe mengatakan, kode killswitch telah ditambahkan di pembaruan sebelumnya.

Flash EOL pertama kali diumumkan pada Juli 2017 ketika Adobe, Apple, Google, Microsoft, Mozilla, dan Facebook setuju untuk menghapus konten dan teknologi berbasis Flash dari produk mereka.

Saat ini semua browser utama telah menonaktifkan Flash dan sedang mengatur penghapusan plugin Flash dari basis kode mereka sepanjang Desember 2020 dan Januari 2021.

Menurut situs survei teknologi web, W3Techs, hanya 2,3 persen situs web saat ini yang menggunakan kode Flash, turun drastis dari 28,5 persen pada awal 2011.

Selain menghentikan Flash di browser-nya, Microsoft juga telah merilis pembaruan Windows bulan lalu akan menghapus semua jejak Flash Player di seluruh level sistem operasi.

Meski kritik atas semua celah keamanannya, Flash Player memainkan peran penting dalam sejarah seluruh internet. Setidaknya, aplikasi ini membantu mengantarkan dan mempopulerkan konten interaktif seperti animasi web, pemutar multimedia, dan teknologi streaming. Semuanya itu didukung oleh Flash Player terlebih dulu sebelum ditransfer ke CSS, JavaScript, dan HTML5.

"Kami ingin meluangkan waktu untuk berterima kasih kepada semua pelanggan dan pengembang kami yang telah menggunakan dan membuat konten Flash Player yang luar biasa selama dua dekade terakhir,” ujar Adobe.

“Kami bangga Flash memiliki peran penting dalam mengembangkan konten web di seluruh animasi, interaktivitas, audio, dan video. Kami sangat senang membantu memimpin era pengalaman digital berikutnya."[]

#adobeflash   #webbrowser   #flashplayer

Share:




BACA JUGA
Firefox v93 Kumpulkan Lebih Data Pengguna, Anda Bisa Matikan ‘Firefox Suggest’
Firefox 93 Dirilis, Ada Fitur Tab Unloading hingga Blokir Unduhan Tak Aman
Mozilla Uji Coba Bing sebagai Mesin Pencari Default di Firefox
Firefox Akan Blokir Unduhan Tak Aman di Laman HTTPS
Firefox Kehilangan 46 Juta Pengguna sejak 2018