IND | ENG
Wajah Baru Firefox: Segar dan Modern

Wajah baru Firefox | Foto: Mozilla

Wajah Baru Firefox: Segar dan Modern
Andi Nugroho Diposting : Rabu, 02 Juni 2021 - 18:33 WIB

Cyberthreat.id – Peramban web populer, Firefox, datang dengan wajah baru baik versi desktop maupun seluler. Sang pengembang, Mozilla, mendesain ulang tampilan aplikasinya: lebih segar dan modern.

Dengan rilis Firefox baru hari ini (baca: kemarin), kami juga menghadirkan tampilan baru yang modern yang dirancang untuk…Anda memiliki pengalaman web baru yang segar,” tutur Mozilla.

Namun, “Kami selalu mendukung privasi Anda dan masih melakukannya,” perusahan menambahkan seperti dikutip dari blog perusahaan, Selasa (1 Juni 2021).

“Kami pikir browser harus menjadi bagian dari perangkat lunak yang dapat Anda andalkan sehingga menyenangkan dilihat dan bekerja tanpa hambatan,” tutur Mozilla.

Apa yang baru?

Selain tampilan yang menawan, Firefox baru diklaim lebih cepat dalam pemuatan halaman dan menggunakan lebih sedikit memori.

Perubahan yang paling mencolok adalah pada bagian tampilan address bar. Tab sekarang lebih besar dari sebelumnya. Jika Anda sedang berada di halaman yang dibuka, bar akan melayang, terlihat mencolok—Anda pun tak perlu khawatir salah klik ketika sedang membuka banyak tab.

Alasan Mozilla membuat seperti itu agar pengguna lebih mudah memindahkan posisi tab. “Kami ‘memisahkan’ tab dari browser untuk Anda bisa mengatur ulang dan menarik tab ke jendela baru sesuai dengan alur Anda…agar (tab) lebih mudah ditemukan,” tutur Mozilla.

Desain lain adalah bilah alat (toolbar) sekarang dibersihkan agar tidak terlihat berantakan.

Untuk memberi pengalaman web yang nyaman, Mozilla menutup notifikasi. 

“Kami (juga) secara khusus mengurangi beberapa permintaan ulang terkait dengan masuk dan keluar dari rapat Google Meet. Dengan antarmuka yang dikemas sederhana sekarang, Anda dapat mengakses semua panggilan web dan rapat dengan lebih sedikit klik,” tulis Mozilla. Seperti gambar berikut ini.

Mozilla mengklaim dalam sebulan terdapat 17 miliar klik di browser-nya. Dari miliaran klik ini, tiga area utama dalam browser yang dikunjungi, yaitu

  • Tab bar – sekitar 43 persen dari klik mengunjungi ke bagian atas browser untuk membuka tab sebanyak yang diinginkan.
  • Navigation bar – sekitar 33 persen klik mengarah ke area di bawah tab bar.
  • Bookmark bar – sekitar 5 persen klik masuk ke bagian tempat pengguna menandai alamat yang sering dikunjungi.[]
#mozilla   #firefox   #webbrowser   #perambanweb

Share:




BACA JUGA
Firefox v93 Kumpulkan Lebih Data Pengguna, Anda Bisa Matikan ‘Firefox Suggest’
Firefox 93 Dirilis, Ada Fitur Tab Unloading hingga Blokir Unduhan Tak Aman
Kata Sandi ‘Superman’, ‘Spider-Man’, dan ‘Batman’ Terbanyak Muncul di Kebocoran Data
Mozilla Uji Coba Bing sebagai Mesin Pencari Default di Firefox
Firefox Akan Blokir Unduhan Tak Aman di Laman HTTPS