IND | ENG
Internet Explorer Disetop di Sebagian Besar Windows 10 Mulai 15 Juni 2020

Foto: BleepingComputer

Internet Explorer Disetop di Sebagian Besar Windows 10 Mulai 15 Juni 2020
Andi Nugroho Diposting : Kamis, 20 Mei 2021 - 10:18 WIB

Cyberthreat.id – Peramban web tua milik Microsoft, Internet Explorer, sudah ditentukan nasibnya. IE versi 11 akan dimatikan di sistem operasi Windows 10, lalu digantikan dengan peramban Microsoft Edge per 15 Juni 2022.

Pada tanggal tersebut, Microsoft akan menghentikan IE versi 11 untuk komputer desktop versi sebagian besar versi Windows 10, tapi tidak semuanya.

Sang pengganti adalah Microsoft Edge, browser berbasis chromium—teknologi yang dipakai banyak peramban saat ini. Peramban ini juga telah disematkan mode IE yang dirancang untuk memberikan kompatibilitas untuk situs web dan aplikasi berbasis IE lama.

"Microsoft Edge memiliki mode Internet Explorer bawaan, sehingga Anda dapat mengakses situs web dan aplikasi lama berbasis IE langsung dari Microsoft Edge," kata Sean Lyndersay, Manajer Program Grup Mitra Microsoft Edge di blog perusahaan, Rabu (19 Mei 2021).

Mode IE tersebut dibangun lantaran, Microsoft masih menemukan banyak perusahaan memiliki rata-rata 1.678 aplikasi lawas yang berbasis IE.

“Dengan berpindah ke Microsoft Edge, Anda mendapatkan semua yang dijelaskan di atas plus Anda akan dapat memperpanjang umur situs web dan aplikasi lawas Anda,” ujar dia.


Infografis: Cyberthreat.id/Andi Nugroho


Untuk mengaktifkannya, buka edge://settings/defaultbrowser, aktifkan “Izinkan situs dimuat ulang di Internet Explorer” dan mulai ulang Microsoft Edge.

Namun, penghentian masa pakai IE tersebut tak mempengaruhi sejumlah berikut ini:

  • Mode IE di Microsoft Edge
  • Internet Explorer platform (MSHTML/Trident), including WebOC
  • Windows 8.1
  • Windows 7 Extended Security Updates (ESU)
  • Windows 10 Server SAC (all versions)
  • Windows 10 IoT Long-Term Servicing Channel (LTSC) (all versions)
  • Windows 10 Server LTSC (all versions)
  • Windows 10 client LTSC (all versions)
  • In-market Windows 10 LTSC and Windows Server

Sementara itu, setelah 9 Maret 2021, Microsoft tidak lagi menyediakan pembaruan keamanan apa pun untuk aplikasi desktop Edge versi lama. Mereka menyebut ini sebagai tanggal "akhir kehidupan" untuk Edge versi lama, tulis BleepingComputer.

Microsoft tak akan lagi memperpanjang masa hidup IE sudah diumumkan sejak tahun lalu. Setelah 30 November 2020, Microsoft Teams tidak lagi mendukung IE versi 11. Lalu, 17 Agustus 2021 telalh ditetapkan sebagai hari terakhir Microsoft 365 mendukung IE11. (Baca: 2021, Internet Explorer Disetop di Microsoft 365)

WordPress, platform blogging paling terkenal dan populer, juga mengumumkan pada Maret lalu, bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menghentikan dukungan untuk Internet Explorer versi 11 karena penggunaan browser telah turun di bawah  satu persen.[]

#Internetexplorer   #microsoftedge   #windows

Share:




BACA JUGA
Microsoft 365 Akhiri Dukungan Peramban Lawas Internet Explorer 11 Mulai 17 Agustus 2021
Hati-hati! Installer Windows 11 Palsu Berisi Adware dan Trojan
Microsoft Tuding Vendor Israel Jual Alat Peretas Windows
Serba-serbi Windows 365, Si Komputer Virtual Berbasis Cloud
Microsoft Siapkan Sistem Operasi Windows 365 Berbasis Cloud