IND | ENG
Memproteksi Password Autofill yang Tersimpan di Peramban Firefox

Logo peramban web Firefox | Foto: Mozilla

Memproteksi Password Autofill yang Tersimpan di Peramban Firefox
Tenri Gobel Diposting : Selasa, 16 Maret 2021 - 17:31 WIB

Cyberthreat.id – Dengan menyimpan kata sandi otomatis (password autofill) di peramban web, Anda dimudahkan setiap kali masuk ke akun online.

Bagi pengguna peramban Firefox, Anda dapat membuat kredensial tersebut lebih aman dengan menambahkan kata sandi utama sebagai lapisan keamanan.

Kata sandi utama tersebut melindungi semua kredensial login dan kata sandi Anda. Mengapa demikian? Karena sebelum masuk ke salah satu akun online Anda, dibutuhkan kata sandi utama ini.

Jika Anda mengaktifkan kata sandi utama di Firefox, maka setiap kali Anda mengunjungi situs web untuk login ke akun Anda, itu tidak langsung membuka situs web lalu tinggal klik “login” dengan kredensial yang sudah diisi secara otomatis. Peramban web Firefox akan meminta Anda memasukkan kata sandi utama ini terlebih dahulu.

Dengan begitu, jika suatu kali ada penjahat mencoba masuk dengan kredensial Anda yang tersimpan di perambang, mereka tak bisa langsung mengakses akun online Anda.

Simak cara mengatur kata sandi utama di Firefox seperti dicoba Cyberthreat.id melalui Linux, Selasa (16 Maret 2021):

  • Buka peramban web Firefox dari laptop Anda
  • Klik ikon garis tiga di kanan atas
  • Pilih “Logins and Passwords”
  • Nantinya Anda akan melihat daftar kata sandi yang Anda simpan dalam Firefox. Klik ikon titik tiga di kanan atas di bawah bilah alamat dan klik “Preferences” atau “Options”
  • Temukan bagian “Logins and Passwords” dan klik kotak disamping tulisan “Use a Primary Password” atau pastikan tercentang.
  • Jendela baru akan terbuka dan meminta Anda memasukkan kata sandi untuk sebagai kata sandi utama Anda. Klik “OK” jika selesai mengetikkannya.
  • Pastikan ingat kata sandi utama ini, karena Anda tidak akan bisa masuk ke situs web akun online Anda jika Anda melupakannya.
  • Setelah itu, Firefox akan menampilkan pop-up yang menunjukkan bahwa Kata Sandi Utama Anda telah disetel. Tutup seluruh tab.
  • Jika ingin memastikan itu telah tersetel, keluar dari Firefox, lalu buka lagi dan coba untuk masuk ke situs web tempat login akun online Anda. Jika itu telah tersetel maka Firefox meminta Anda memasukkan kata sandi utama yang telah Anda atur. Anda tidak akan diminta kata sandi utama lagi kecuali Anda menutup Firefox dan memulai ulangnya.

Jika Anda memutuskan untuk menghapus kata sandi utama Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka peramban web Firefox dari laptop Anda
  2. Klik ikon garis tiga di kanan atas
  3. Pilih “Logins and Passwords”
  4. Nantinya Anda akan melihat daftar kata sandi yang Anda simpan dalam Firefox. Klik ikon titik tiga di kanan atas di bawah bilah alamat dan klik “Preferences” atau “Options”
  5. Temukan bagian “Logins and Passwords” dan pastikan kotak disamping tulisan “Use a Primary Password” tidak tercentang.
  6. Sebuah pop-up akan muncul meminta Anda untuk memasukkan Kata Sandi Utama saat ini. Masukkan dan klik "OK." Kata sandi utama akan dihapus.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#passwordautofill   #webbrowser   #peramban   #firefox

Share:




BACA JUGA
Firefox v93 Kumpulkan Lebih Data Pengguna, Anda Bisa Matikan ‘Firefox Suggest’
Firefox 93 Dirilis, Ada Fitur Tab Unloading hingga Blokir Unduhan Tak Aman
Mozilla Uji Coba Bing sebagai Mesin Pencari Default di Firefox
Firefox Akan Blokir Unduhan Tak Aman di Laman HTTPS
Firefox Kehilangan 46 Juta Pengguna sejak 2018