IND | ENG
Bantu Pembayar Zakat Digital, Baznas Kenalkan Robot AI

GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto (kiri) dan Anggota Baznas Emmy Hamidiyah saat meluncurkan asisten virtual zakat bernama "Zavira" di Jakarta, Rabu (18 Desember 2019). | Foto: Arsip Baznas

Bantu Pembayar Zakat Digital, Baznas Kenalkan Robot AI
Andi Nugroho Diposting : Kamis, 19 Desember 2019 - 22:21 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Zavira—asisten virtual zakat digital melalui layanan olah pesan LINE—yang memiliki cara kerja sebagai robot percakapan (chatting robot/chatbot).

Anggota Baznas, Emmy Hamidiyah, mengatakan inovasi di dunia digital untuk pengumpulan zakat menjadi salah satu fokus pengembangan. Pada tahun ini, total 15 persen pengumpulan zakat berasal dari dunia digital.

Pertumbuhan pengumpulan zakat secara digital tersebut cukup signifikan dibandingkan pada 2017 dan 2018 yang masing-masing hanya tiga persen dan enam persen. Pada 2020, kata dia, Baznas memperkirakan pengumpulan zakat secara digital dapat tumbuh menjadi 30 persen dari total pengumpulan zakat-infak-sedekah (ZIS).

"Memasuki 2021 koleksi digital dapat didorong dalam porsi 50 persen. Untuk itu, kami akan terus tingkatkan pendekatan pembayaran zakat digital dalam upaya membantu pengentasan kemiskinan di Indonesia," kata Emmy seperti dikutip dari Antaranews.com, Rabu (18 Desember 2019).

Dengan kehadiaran Zavira tersebut—dikembangkan bersama PT Telkom Indonesia—, kata dia, fungsinya memudahkan pezakat/muzaki mendapatkan layanan zakat selama 24 jam lewat kanal LINE. Pengguna tinggal menambahkan chatbot tersebut dari aplikasi.

Zavira, kata dia, merupakan bagian dari inovasi zakat digital BAZNAS dalam bentuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebagai layanan kemudahan pembayaran ZIS melalui media sosial.

Untuk menambahkan AI Zavira, pengguna dapat menambahkan @BAZNASIndonesia sebagai teman di menu akun resmi LINE. Pengguna dapat bertanya kepada Zavira seputar ZIS.

Dalam aplikasi tersebut juga disediakan fitur “Kalkulator Zakat” untuk memberi informasi tentang cara penghitungan zakat penghasilan, zakat mal, bayar sedekah, dan bayar zakat.

Selain di LINE, Baznas juga menggunakan platform media sosial lain untuk mengajak publik berzakat, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram.

GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto, berharap kerja sama dengan BAZNAS dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat serta meningkatkan kesadaran mereka menunaikan zakat demi kemaslahatan umat.

"Zavira merupakan sebuah kolaborasi teknologi antara Baznas dan Telkom melalui platform Vutura yang merupakan total chatbot solution milik Telkom. Ini diharapkan dapat mempermudah proses pembayaran zakat, infak, dan sedekah yang dikelola oleh Baznas,” kata Rachmad.

#baznas   #robotai   #chatbot   #zavira   #zakatnasional   #zakat   #zis   #LINE   #mediasosial

Share:




BACA JUGA
Dicecar Parlemen Soal Perlindungan Anak, Mark Facebook Minta Maaf
Hingga Akhir Tahun 2023, Kominfo Tangani 12.547 Isu Hoaks
Putus Akses Lebih dari 800 Ribu Konten, Gerak Cepat Menteri Budi Arie Berantas Judi Online
Menkominfo Kecam Peretasan Laman kompas.id
Meta Digugat, Dinilai Tak Mampu Lindungi Anak dari Predator Seksual