
Kelompok pembuat Artpedia yang memenangkan kompetisi hackathon DevCamp 2019. | Foto: Tokopedia
Kelompok pembuat Artpedia yang memenangkan kompetisi hackathon DevCamp 2019. | Foto: Tokopedia
Jakarta, Cyberthreat.id – Tokopedia, salah satu pasar unicorn Indonesia, baru saja mengumumkan pemenang kompetisi hackathon DevCamp 2019, Sabtu (31 Agustus 2019)).
Kompetisi DevCamp 2019 digelar Tokopedia bertujuan untuk mendukung misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam mendorong minat mahasiswa di bidang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM).
Melalui kompetisi ini, Tokopedia berharap meningkatnya minat generasi muda terhadap bidang teknologi berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah developer handal demi menghadirkan beragam inovasi digital.
“Lewat DevCamp 2019, kami berharap bisa mendorong lahirnya lebih banyak talenta berbakat khususnya developer,” kata Aswin Tanu Utomo, VP of Engineering Tokopedia melalui siaran pers, Senin (2 September 2019).
Tahun ini, pemenang pertama kompetisi hackathon DevCamp 2019 adalah sebuah kelompok yang terdiri dari Dion Saputra (Institut Teknologi Bandung), Ridwan Afwan Karim Fauzi (Universitas Gadjah Mada), dan Azzam Jihad Ulhaq (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Mereka menciptakan produk bernama Artpedia yang berfungsi mempertemukan seniman dengan para kolektor karya seni.
Artpedia didukung oleh teknologi Augmented Reality (AR); pengguna dapat melihat langsung karya seni dengan mengarahkan kamera ke lokasi yang mereka inginkan.
“Inovasi ini memberikan pengalaman interaktif dan imersif kepada pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut,” ujar Aswin.
Kompetisi DevCamp 2019 melalui rangkaian seleksi yang ketat, dimulai dari seleksi berkas hingga wawancara dengan tim juri dari Tokopedia.
Setelah lolos tahap seleksi berkas, peserta diwajibkan mengikuti psikotes dan tes koding. Proses terakhir yang dilewati peserta adalah wawancara dengan divisi HRD dan Technology Tokopedia.
Kompetisi DevCamp 2019 berhasil menarik lebih dari 1.600 pendaftar dari para mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang teknologi yang telah diseleksi secara ketat hingga tersisa sebanyak 39 peserta.
Selama enam hari masa pelatihan dan kompetisi, peserta dibagi ke dalam 13 grup beranggotakan tiga orang yang dimentori oleh 13 Engineering Manager dari Tokopedia.
Kompetisi DevCamp 2019 merupakan ajang kompetisi tahunan yang digelar Tokopedia sejak 2018. Peserta yang mengikuti kompetisi DevCamp akan diberikan kesempatan untuk menjalankan program magang selama tiga bulan yang dimentori langsung oleh Head of Engineering Tokopedia.
Para pemenang akan menerima total uang tunai sebesar Rp 69 juta, sekaligus mendapat kesempatan besar untuk bergabung menjadi salah satu Nakama (panggilan untuk karyawan) di Tokopedia setelah lulus nanti.
Share: