IND | ENG
Tips Amankan Mobile Banking Saat HP Hilang

Ilustrasi Shutterstock

Tips Amankan Mobile Banking Saat HP Hilang
Alfi Syahri Diposting : Selasa, 10 Januari 2023 - 11:20 WIB

Cyberthreat.id - Kehilangan handphone kerap dikhawatirkan oleh masyarakat seiring berbagai data yang tersimpan di dalamnya, termasuk mobile banking. Saat kehilangan handphone, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan nasabah untuk mengamankan mobile banking agar rekening tetap aman dan tidak dibobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Berbagai aplikasi perbankan saat ini telah dilengkapi oleh berbagai fitur keamanan agar tidak disalahgunakan oleh orang atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, tak terkecuali super apps BRImo. 

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan, financial super apps BRImo telah dilengkapi oleh fitur keamanan yang kuat untuk menghindari terjadinya pembobolan rekening. Salah satunya adalah adanya pola login dengan menggunakan fingerprint guna memperkuat keamanan akses BRImo. 

“BRI melengkapi layanan dengan call center yang bisa diakses dan dihubungi oleh nasabah kapan saja secara realtime untuk memitigasi berbagai aduan, termasuk mitigasi apabila handphone nasabah hilang. Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang cepat, sehingga risiko-risiko seperti saldo dibobol dapat diminimalisir,” terangnya dalam keterangan resmi, Selasa (10/1). 

Namun demikian, dirinya menyebut nasabah juga memiliki peran penting untuk menjaga rekeningnya apabila menghadapi kejadian kehilangan handphone

Ketika handphone hilang, nasabah diimbau untuk segera melapor melalui Contact BRI yang tersedia 24 jam selama 7 hari di nomor 14017/1500017. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan BRImo oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Langkah antisipasi lain adalah dengan melakukan penggantian password emailsocial media, dan aplikasi penting lainnya untuk antisipasi kebocoran data pribadi lainnya. 

Ia menjelaskan, layanan call center juga akan membantu nasabah untuk menonaktifkan layanan perbankan yang terhubung/terinstall di handphone yang hilang.  

Lebih lanjut, Andrijanto pun menyarankan nasabah untuk tidak mencatat username dan password mobile banking di handphone

Selain itu, BRI juga memiliki asisten virtual berteknologi artificial intelligence (AI) “Smart BRI New Assistant” atau “Sabrina”. 

Adapun, Sabrina dari BRI layaknya customer service di mana nasabah bisa menyapa dan mengajak Sabrina berbicara melalui beberapa channel, yaitu Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina bisa diakses melalui akun Bank BRI yang dimiliki nasabah. 

Andrijanto juga menyampaikan, jika nasabah berganti handphone, sebaiknya menghapus aplikasi mobile banking pada perangkat lama. Termasuk, menghapus riwayat SMS dan email yang mencantumkan kode OTP maupun validasi transaksi lainnya. 

BRI senantiasa menginformasikan seluruh layanan melalui saluran komunikasi resmi (verified/centang biru) yang dapat diakses nasabah melalui Web www.bri.co.id, Instagram @bankbri_id, Twitter bankbri_id, kontak bri, promo_bri, Facebook Bank BRI, YouTube Bank BRI, Tiktok Bank BRI, dan call center BRI 14017/1500017.  

Sekadar informasi, data Polda Metro Jaya pada 2022 menyebutkan cyber crime menjadi salah satu dari tren kejahatan teratas. Adapun, tren kejahatan terbagi atas lima poin, terdiri dari narkotika, kejahatan siber (cyber crime), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), penganiayaan, dan pencurian dengan pemberatan (curat).

#BRI   #BRIMo   #Andrijanto   #

Share:




BACA JUGA
Perusahaan Cybersecurity Rubrik Dibobol Ransomware Clop. Kerentanan Zero-day 'GoAnywhere' Biang Keladinya
Malware Perbankan Xenomorph Kembali Dengan Varian Baru
Terungkap! Ini Cara Penipu Malware 'J&T Express' Mengeruk Uang Korban
File Jahat 'J&T Express.apk' Dijual Rp1 Juta. Pembuat Malware Meraup Uang hingga Rp30 Juta
Polri Selidiki Serangan Siber Malware 'Undangan Pernikahan'