
Lay Ridwan Gautama di booth Blibli.com menjelaskan Experience The Virtual Test Drive di ICE BSD City, Tangerang, Kamis, (18 Juli 2019) | Foto: Rahmat Herlambang
Lay Ridwan Gautama di booth Blibli.com menjelaskan Experience The Virtual Test Drive di ICE BSD City, Tangerang, Kamis, (18 Juli 2019) | Foto: Rahmat Herlambang
Jakarta, Cyberthreat.id - SVP Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama memperkenalkan strategi E-Commerce 4.0. Konsep ini, kata dia, sedang diterapkan dalam sektor otomotif Blibli.com yang sudah ada sejak e-commerce 1.0.
"E-commerce 4.0 adalah tidak ada perbedaan antara pembelian offline dan online," kata Lay di booth Blibli.com pada GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Kamis (18 Juli 2019).
Ia menuturkan bagaimana Blibli mengamati perkembangan e-commerce sejak tahun 1990-an, dimana orang mencari informasi online lalu pergi ke toko offline untuk melakukan pembelian dan bertransaksi.
E-commerce 2.0 dan 3.0 menurut Lay terjadi tanpa bertemu offline. Dua konsep ini mirip. Ia menjelaskan saat boomingnya forum internet Kaskus yang menjadi ajang transaksi dan penjualan terbesar awal tahun 2000-an.
"Nah, contoh transaksi e-commerce 4.0 adalah pembelian mobil lewat Blibli.com dimana kami gunakan simulasi virtual Test Drive," ujarnya.
Pada kesempatan itu Lay sekaligus mengenalkan VR Test Drive Blibli kepada masyarakat. Website Blibli.com memiliki fitur VR Test Drive yang akan memberikan pengalaman mengendarai mobil secara virtual kepada calon pembeli.
Ada tujuh merek otomotif yang menghadirkan simulasi virtual di website Blibli.com yaitu Renault Triber, Nissan All New Livina VE, Jeep Compass, DFSK Glory 560 1.5L Turbo, Wuling Almaz Turbo dan Mercedes Benz A-Class 2019.
"Renault Triber adalah model terbaru yang akan masuk ke pasar. Kami punya simulasi virtualnya. Silakan anda masuk ke website kami lalu pilih virtual Test Drive di kategori otomotif kemudian tinggal dilihat di layar saja."
Share: