
Foto: Dailysocial.id/BliBli.com/Cyberthreat.id
Foto: Dailysocial.id/BliBli.com/Cyberthreat.id
Jakarta, Cyberthreat.id – Belanja online telah menjadi tren orang-orang kota di Indonesia. Pertumbuhan e-commerce yang begitu pesat mempengaruhi cara dan perilaku masyarakat perkotaan dalam berbelanja.
Lembaga riset asal Inggris, Merchant Machine, memasukkan Indonesia dalam 10 negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat. Rata-rata uang yang dibelanjakan masyarakat Indonesia di situs belanja daring mencapai US$ 228 per orang atau sekitar Rp 3,19 juta per orang, demikian seperti dikutip dari Katadata.co.id, 25 April 2019.
Sementara, riset Picodi.com—situs web agregator pencari kupon diskon dan penawaran menarik dari lapak online global—juga menunjukkan dari segi gender, laki-laki ternyata paling gemar berbelanja daring ketimbang perempuan.
Dan, hari-hari yang sering dijadikan akitivitas untuk belanja, terutama pengguna komputer, menurut Picodi.com, yaitu Senin (20 persen), Kamis, Sabtu dan Minggu (16 persen). Sementara pengguna smartphone melakukan aktivitas tidak memandang hari, hampir selama sepekan aktivitas berbelanjanya stabil di angka 14-15 persen.
Melihat dari aktivitas hari tersebut, sejumlah platform pasar daring (marketplace) juga melakukan gebyar promo pada hari-hari tertentu, misal di akhir pekan.
Dua pemain besar e-commerce Indonesia, Bukalapak dan Blibli.com juga berebut pembeli di hari-hari tertentu. Mereka memilih pada hari Kamis. Hingga akhir bulan Juli ini, mereka menggember diskon khusus di hari Kamis.
Bukalapak dalam situs webnya menyebut promonya dengan tajuk “Belanja Kebutuhan di Hari Kamis, Diskon Rp 150.000”
“Belanjakan saja di hari Kamis dengan menggunakan kartu kredit Bank UOB! Baik pembayaran cicilan atau pembayaran penuh, kamu bisa dapat diskon Rp150.000. Kesempatan lebih besar dengan kuota lebih banyak di akhir bulan!” tulis Bukalapak, yang diakses Kamis (11 Juli 2019).
Syarat dan ketentuan yang ditetapkan Bukalapak, cek di sini:
Sementara, Blibli.com tak mau kalah dalam pertarungan merebutkan pengunjung. Di situsnya, perusahaan menempelkan besar-besar spanduk promo: “Kamis Ganteng hanya di Blibli.com. Promo istimewa perlengkapan kerja.”
Sayangnya, Blibli.com tak seberani Bukalapak yang membuat promo hari Kamis itu selama tiga bulan. Blibli.com hanya melakukan promo sehari saja, yaitu hari ini atau 11 Juli 2019.
Syarat dan ketentuannya seperti ini:
1. Promo berlaku hanya di hari Kamis 11 Juli 2019
2. Ekstra diskon 5 persen maksimal Rp 100,000 (khusus di APP) tanpa minimum transaksi dengan menginput kode voucher "KG5-JUL2" pada saat check out. Berlaku untuk pembelian produk:
3. Ekstra diskon 10% maksimal Rp 100,000 (khusus di APP) tanpa minimum transaksi dengan menginput kode voucher "KG10-JUL2" pada saat check out. Berlaku untuk pembelian produk:
4. Ekstra diskon 15 persen maksimal Rp 100,000 (khusus di APP) tanpa minimum transaksi dengan menginput kode voucher "KG15-JUL2" pada saat check out. Berlaku untuk pembelian produk:
Share: