IND | ENG
Paessler dan Flowmon Networks Resmi Berkolaborasi dalam Integrasi Teknologi

Ilustrasi | Foto: Educational Technology

Paessler dan Flowmon Networks Resmi Berkolaborasi dalam Integrasi Teknologi
Arif Rahman Diposting : Jumat, 11 September 2020 - 16:36 WIB

Cyberthreat.id - Paessler (PRTG) mengumumkan kolaborasi resmi dengan perusahaan intelijen jaringan global, Flowmon Networks. Keduanya bekerja sama menawarkan solusi dan layanan pemantauan IT yang lebih ekstensif, dikombinasikan dengan analisis mendalam (in-depth analysis).

Paessler dikenal sebagai spesialis pemantau jaringan (network monitor) IT telah mengintegrasikan solusinya dengan Flowmon Networks, terutama dalam menyatukan kemampuan pemantauan IT yang komprehensif dengan analisis yang didukung Artificial Intelligence (AI) dan fitur keamanan canggih.

"Integrasi tersebut memastikan ketersediaan, kinerja, dan keamanan untuk lingkungan IT," demikian keterangan kedua perusahaan yang diterima Cyberthreat.id, Rabu (9 September 2020).

Adapun solusi yang ditawarkan dari integrasi teknologi Paessler dan Flowmon adalah:

1. Pemantauan IT yang ekstensif, dikombinasikan dengan analisis aliran yang mendalam, semuanya digabungkan untuk memberikan transparansi maksimum.

2. Deteksi perilaku anomali, ancaman orang dalam (internal threat) dan serangan DDoS, monitor firewall, pemindai virus, dan cadangan.

3. Monitoring Flowmon dengan PRTG memastikan ketersediaan berdasarkan pada PRTG termasuk failover.

Teknologi PRTG Network Monitor Paessler dikenal karena memantau infrastruktur IT, kinerja jaringan, dan aplikasi serta layanan Cloud atau lingkungan virtual. Solusi Paessler menggunakan metode dan protokol pemantauan konvensional serta API yang kuat, ini telah menjadi salah satu solusi paling umum untuk pemantauan IT yang ekstensif.

Sedangkan solusi Flowmon Networks memantau dan menganalisis jaringan dan lalu lintas cloud yang mendeteksi anomali menggunakan spektrum metode, semuanya diterapkan secara bersamaan. Solusi ini menggabungkan Machine Learning dan analisis perilaku yang mampu mencari indikator peretasan guna mengungkap perilaku berbahaya atau pelanggaran data.

Integrasi Teknis

Tedapat dua integrasi secara teknis berdasarkan pada dua sensor kustom PRTG yakni:

1. Sensor SNMP yang memantau peralatan Flowmon.

2. Sensor Python Script untuk menampilkan nilai pemantauan dari Flowmon di PRTG.

CTO Flowmon Networks, Pavel Minarik, mengatakan kombinasi dari dua solusi tersebut memberikan wawasan pengguna tentang masalah kinerja jaringan dan ancaman keamanan, selain informasi tentang status setiap perangkat di organisasi.

Peristiwa muncul di dasbor dan dikelompokkan berdasarkan tingkat keparahannya untuk mengaktifkan prioritas instan dan respons cepat.  Ketika insiden terjadi, PRTG memperingatkan pengguna, yang kemudian dapat beralih ke Flowmon untuk analisis akar penyebab.

PRTG juga memantau setiap alat Flowmon yang diterapkan sehingga pengguna selalu tahu bahwa semua komponen yang relevan dari Flowmon sudah aktif dan berfungsi.

"Beberapa sinergi antara solusi kami menjanjikan manfaat besar bagi semua yang menginginkan lingkungan digital menjadi lebih transparan, andal, dan aman," kata Pavel Minarik.

Menurut dia, integrasi teknologi Flowmon dengan PRTG menciptakan tingkat wawasan baru dari kedua solusi, menyatukan gambaran umum yang luas dengan analitik mendalam.

"Sehingga lebih mudah bagi pelanggan kami untuk menjaga IT mereka tetap berjalan dan aman," kata CTO Paessler, Steven Feurer. []

#Ai   #ThreatIntelligence   #cybersecurity   #keamananinformasi   #IoT   #bigdata   #Cloud   #DDoS   #Malware   #firewall

Share:




BACA JUGA
Demokratisasi AI dan Privasi
Awas, Serangan Phishing Baru Kirimkan Keylogger yang Disamarkan sebagai Bank Payment Notice
Malware Manfaatkan Plugin WordPress Popup Builder untuk Menginfeksi 3.900+ Situs
CHAVECLOAK, Trojan Perbankan Terbaru
Indonesia Dorong Terapkan Tata Kelola AI yang Adil dan Inklusif