IND | ENG
Jika Brasil Ikuti Kemauan AS, Huawei: Proyek 5G di Brasil Terancam Semakin Lama

Huawei | Foto: CNBC LCC

Jika Brasil Ikuti Kemauan AS, Huawei: Proyek 5G di Brasil Terancam Semakin Lama
Andi Nugroho Diposting : Rabu, 08 Juli 2020 - 09:46 WIB

Cyberthreat.id – Direktur Cybersecurity dan Solusi Huawei Global, Marcelo Motta, menyayangkan jika Brasil mengikuti kemauan Amerika Serikat atas penolakan perangkat 5G dari China.

Jika Brasil memutuskan untuk tidak memakai Huawei, hal itu justru berdampak pada penundaan perluasan 5G di negara tersebut.

“Pada akhirnya berdampak pada harga untuk operator, penyedia layanan internet regional, dan pelanggan,” ujar Motta seperti dikutip dari Reuters, diakses Rabu (8 Juli 2020).

"Di sejumlah negara yang menerapkan pembatasan terhadap Huawei, kami melihat harga naik dua hingga lima kali, sering membuat bisnis tidak layak bagi operator," kata Motta.


Berita Terkait:

Motta menilai Brasil menghadapi tantangan untuk memperluas infrastruktur yang ada. Justru, kata dia, dengan mengubah pemasok 5G akan membutuhkan operator untuk mengganti peralatan yang telah terpasang, bukan hanya meningkatkan yang sudah ada.

"Untuk melakukan perubahan itu akan seperti ‘mengaduk sarang lebah’," kata dia yang menilai tuduhan AS bahwa perkakas Huawei rentan terhadap penyadapan oleh intelijen China tidaklah berdasar.

Sebelumnya, Huawei telah berhasil melakukan uji coba 5G dengan semua operator utama Brasil, seperti Telefonica Brasil SA, TIM Participacoes SA, Claro dan Oi SA dari America Movil dan membantu mereka memodernisasi infrastruktur mereka sebelum lelang spektrum 5G.

Operator Brasil juga telah membangun sebagian besar infrastruktur mereka menggunakan peralatan Huawei karena telah memperkuat kehadirannya di negara ini selama 22 tahun terakhir.

Huawei, yang telah menginvestasikan sekitar US$ 4 miliar untuk 5G antara 2009 hingga 2019 di seluruh dunia, berencana memproduksi teknologi baru di salah satu dari dua lokasi produksinya di Brasil.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Presiden Donald Trump meningkatkan upaya untuk membatasi peran Huawei di Amerika Latin. Bahkan, AS bersedia untuk mendanai Brasil untul pembelian peralatan dari pemasok lain asalkan bukan Huawei.[]

#huawei   #inggris   #5g   #6g   #jaringan5g   #ancamansiber   #keamanansiber   #china   #teknologi5g   #amerikaserikat   #kanada   #fiveeye   #unieropa   #borisjhonson   #brasil

Share:

BACA JUGA
CactusPete, Hacker Medioker Asal China yang Kerap Berhasil dalam Serangannya
Imbas Larangan Transaksi ke WeChat, Sejumlah Perusahaan AS Protes ke Trump
Google Setop Beri Data ke Otoritas Hong Kong, Ini Alasannya
Lima Alasan Senator AS Surati FTC Minta Selidiki Pengumpulan Data TikTok
China Bersiap Luncurkan Proyek Percontohan Mata Uang Digital