IND | ENG
TikTok Jawara Medsos di India Sejak Pandemi Covid-19

Jumlah penduduk India yang mencapai 1,4 miliar adalah pasar raksasa bagi TikTok

TikTok Jawara Medsos di India Sejak Pandemi Covid-19
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Selasa, 07 April 2020 - 18:17 WIB

Cyberthreat.id - Perusahaan analisis seluler dan data, App Annie, menyebut Tiktok sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak di-unduh di India selama pandemic Covid-19. India telah memberlakukan Lockdown selama 21 hari dan sejak itu pula TikTok menjadi jawara sebagai aplikasi yang paling populer dan digunakan, diikuti Whatsapp dan Facebook.

India melalui Perdana Menteri Narendra Modi dalam pidatonya mengumumkan Lockdown nasional yang berakhir pada 14 April. Kajian yang dilakukan App Annie menyatakan, unduhan aplikasi media sosial di India secara keseluruhan meningkat 20% dibandingkan Januari 2020, mencapai total 49 juta pada platform iOS dan Google Play.

TikTok merupakan aplikasi yang paling menarik dan unik di India. Aplikasi ini diunduh sebanyak 44% pengguna atau 323 juta dari total unduhan aplikasi TikTok di tahun 2019.

Secara global, waktu yang dihabiskan untuk aplikasi video pendek TikTok terus bertumbuh dimana tahun 2019 mencatat pertumbuhan 210%. Sebagai informasi, jumlah penduduk India mencapai 1,4 miliar sehingga nilai pasarnya amat besar.

Yang menarik, dalam laporan App Annie, setelah TikTok, WhatsApp, dan Facebook, muncul nama yang mengejutkan paling banyak diunduh yakni aplikasi Helo yang juga merupakan aplikasi video pendek. Baik TikTok dan Helo sama-sama dimiliki perusahaan perangkat lunak ByteDance. Setelah Helo, aplikasi yang paling banyak diunduh di India adalah Instagram (Facebook) dan VMate (Alibaba Group).

Tingkat penggunaan dan keterlibatan TikTok dan video langsung (live) Instagram meningkat secara signifikan selama Lockdown dengan lebih banyak konten dan tampilan yang dihasilkan oleh pengguna.

Kategori lain yang juga banyak diunduh selama Lockdown di India termasuk aplikasi game serta AajTak (Living Media), Zoom Cloud Meetings (Zoom Video Communications), dan aplikasi Uvideo (OneSmile).

Sejauh ini App Annie menyatakan belum melihat pergerakan signifikan dalam jajaran aplikasi kencan seperti Tinder dan Bumble di India, terutama dalam hal unduhan baru-baru ini. []

Redaktur: Arif Rahman

#Mediasosial   #tiktok   #Instagram   #Facebook   #Corona   #Lockdownindia   #WhatsApp   #workfromhome

Share:

BACA JUGA
Facebook Beri Cap Dikontrol Negara untuk Media Pemerintah China, Iran dan Rusia
Hana Kimura Bunuh Diri Akibat Cyber Bullying, Jepang Wacanakan Revisi UU
Hadapi New Normal, Pegawai Kominfo Bekerja Lebih Fleksibel
BPKN Ingatkan Penanganan Pengguna Kartu Kredit yang Terdampak Covid-19
Sadar Kejamnya Jejak Digital, Facebook Bikin Fitur Sembunyikan Postingan Lama