IND | ENG
Tiga Pekan WFH Berjalan, Jaringan Internet Mulai Melambat

Ilustrasi | Foto: freepik.com

Tiga Pekan WFH Berjalan, Jaringan Internet Mulai Melambat
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Selasa, 07 April 2020 - 17:17 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id – Imbauan pemerintah yang meminta warga untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah telah berjalan selama tiga pekan.

Seiring imbauan tersebut, banyak karyawan dan sekolah memanfaatkan internet untuk tetap beraktivitas. Di awal-awal, pemerintah juga telah menjamin bahwa layanan internet akan ditingkatkan guna mendukung aktivitas di rumah.

Operator-operator telekomunikasi seluler juga penyedia layanan internet (ISP) mengatakan hal serupa. Namun, ternyata, tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan jika selama bekerja dan belajar dari rumah, jaringan internet seluler dan ISP seringkali mengalami kendala.

Berikut tanggapan masyarakat yang diwawancarai oleh Cyberthreat.id melalu telepon, Selasa (7 April 2020):

Anisa Rahmah, 24 tahun, karyawan startup e-commerce, tinggal di Tebet.

Menurut saya selama work from home (WFH) ini memang jaringan seluler awalnya lancar saja, cuma lama-lama semakin lambat ya. Saya coba pakai wi-fi di kos juga malah lebih lambat. Ini sangat mengganggu, terlebih kalau lagi meeting di Zoom sering gangguan dan terpaksa keluar, lalu masuk lagi karena masalah jaringan yang tidak stabil.

Seharusnya, dari operator seluler dan ISP juga meningkatkan kulaitas jaringan juga. Pasti permintaan akses selama WFH kan meningkat. Jangan harganya saja yang mahal, tapi kualitasnya di waktu kami butuh gini, malah jelek.

Rizki Rahmatullah, 24 Tahun, karyawan swasta, di Cibubur.

Selama WFH ini saya menggunakan wi-fi yang ada di rumah, sayangnya wi-fi dirumah sering sekali terjadi gangguan. bisa seminggu sekali gangguannya, kadang juga lambat.

Jadi, karena memang membutuhkan internet, saya memakai jaringan seluler dan wifi secara bergantian. Jadinya, menjadi lebih boros ya, untung ada reimburse kantor.

Hanya saja, ini tetap mengecewakan ya, padahal saya baca di media online, operator dan ISP akan meningkatkan kualitas layanan, tetapi yang ada malah sangat lambat seperti ini. Ini sangat menganggu proses bekerja di rumah.

Rahmawati Fauzi, 21 Tahun, mahasiswa, di Depok

Untuk mengikuti kelas online selama masa wabah virus corona  (Covid-19) ini saya memanfaatkan wi-fi di kos juga jaringan seluler pribadi. Cuma, ya gitu, tetap saja jelek saat sedang kelas online. Kadang-kadang bagus, kadang-kadang tidak. Jadi, tidak stabil gitu.

Itu sangat menganggu sih, terlebih kalau sedang ada kuis atau tugas. Saya pernah karena jaringan sedang jelek kuis saya di email tidak bisa terkirim. Alhasil, nilai kuis saya kosong satu. Belum lagi tugas-tugas yang diberikan, kalau internet gangguan, kan tidak bisa mengerjakan.

Saya harap sih selama kita masih dianjurkan untuk kuliah dan bekerja di rumah, jaringan internetnya lancar. Jangan sampai karena online begini, kerjaan dan nilai kuliah berantakan karena jaringan yang selalu gangguan.

Cyberthreat.id sedang berusaha untuk meminta tanggapan kepada operator telekomunikasi seluler dan ISP. Jika mereka telah memberikan tanggapak, kami segera memperbarui informasi in.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#covid-19   #viruscorona   #jaringaninternet   #ISP   #operatorseluler

Share:

BACA JUGA
Dirjen Aptika: Situasi New Normal, Karyawan dan Staf Dibekali Perangkat Mobile
SILATURAHMI ONLINE
Pengalaman Mereka Usai Berlebaran Virtual
New Normal, Kesiapan SDM dan Ancaman yang Menyertai
SILATURAHMI ONLINE
Lebaran, Kultural, dan Teknologi
Zuckerberg: 50 Persen Karyawan Facebook akan Bekerja dari Rumah