IND | ENG
Peramban Web Besar Fokus ke Protokol HTTPS untuk Penjelajahan Aman

Mozilla Firefox salah satu peramban web yang menerapkan HTTPS-Only Mode untuk penjelajahan aman di internet. | Foto: freepik.com

Peramban Web Besar Fokus ke Protokol HTTPS untuk Penjelajahan Aman
Andi Nugroho Diposting : Jumat, 02 Juli 2021 - 11:30 WIB

Cyberthreat.id–Peramban web populer, seperti Google Chrome, Mozilla, dan Microsoft Edg,e menerapkan otomatis koneksi lalu lintas webnya ke HTTPS. Ini bertujuan untuk melindungi pengguna dari target penyadapan jika web yang dituju masih memakai protokol HTTP.

Saat ini Google sedang menguji Chrome 93 Canary untuk Mac, Windows, Linux, ChromeOS, dan Android dengan menambahkan “Mode Khusus HTTPS” (HTTPS-Only Mode).

Meski belum ada pengumuman resmi kapan akan diluncurkan, mode tersebut kemungkinan bakal dikenalkan ke publik pada 31 Agustus 2021 saat Chrome 93 diperkirakan telah mendapat status stabil, tulis BleepingComputer, diakses Jumat (2 Juli 2021).

Sebelumnya, Chrome sebetulnya telah secara default mengarahkan ke HTTPS untuk semua URL yang diketik di bilah alamat jika pengguna web tidak menentukan protokol.

Jika pengguna ingin menguji fitur uji coba yang sekarng digodok Google, bisa terlebih dulu mengaktifkan tanda “HTTPS-Only Mode Settings” dengan cara tulis di bilah alamat chrome: //flags/#https-only-mode-setting.

Setelah mengaktifkan tersebut, pengguna telah menambahkan pilihan “Selalu gunakan koneksi aman” ke pengaturan keamanan peramban. Selanjutnya, Chrome secara otomatis meningkatkan semua navigasi ke HTTPS dan menampilkan peringatan sebelum memuat situs web yang tidak mendukungnya.

Peningkatan HTTPS akan otomatis tanpa peringatan agar pengguna menjelajahi internet tanpa gangguan.

Google bukanlah perusahaan peramban web pertama yang mempertimbangkan opsi pengaktifan HTTPS di semua situs web secara otomatis.

Sebelumnya, Microsoft Edge sekarang juga dapat diatur untuk mengalihkan pengguna ke koneksi HTTPS saat mengunjungi situs web HTTP. Pengguna bisa mengaktifkan opsi HTTPS Otomatis yang tersedia di pratinjau di saluran pratinjau Canary and Developer—perkiraan dirilis pada Juli ini, tanggal pastinya belum disampaikan Microsoft.

Peramban web buatan Mozilla, Firefox, juga telah menambahkan Mode Khusus HTTPS (HTTPS-Only Mode)  yang mengamankan penjelajahan web dengan menulis ulang URL untuk menggunakan protokol HTTPS (fitur ini dinonaktifkan secara default, tapi dapat diaktifkan dari pengaturan browser).

Dengan meningkatkan semua koneksi ke situs web ke HTTPS, peramban web akan melindungi pengguna dari serangan man-in-the-middle (MITM) yang mencoba menyadap atau mengubah data yang ditransfer melalui protokol HTTP yang tidak terenkripsi.

Info sensitif yang dikirim dan diterima melalui HTTP (seperti kata sandi, info kartu kredit, dan data serupa lainnya) dapat diambil oleh malware yang telah menginfeksi komputer pengguna.[]

#webbrowser   #chromium   #googlechrome   #microsoftedge   #firefox   #HTTPS   #HTTP

Share:




BACA JUGA
Firefox v93 Kumpulkan Lebih Data Pengguna, Anda Bisa Matikan ‘Firefox Suggest’
Firefox 93 Dirilis, Ada Fitur Tab Unloading hingga Blokir Unduhan Tak Aman
Mozilla Uji Coba Bing sebagai Mesin Pencari Default di Firefox
Firefox Akan Blokir Unduhan Tak Aman di Laman HTTPS
Firefox Kehilangan 46 Juta Pengguna sejak 2018