IND | ENG
Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi dengan Ponsel Pintar Anda

Ilustrasi | Foto: freepik.com

Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi dengan Ponsel Pintar Anda
Tenri Gobel Diposting : Minggu, 30 Mei 2021 - 16:56 WIB

Cyberthreat.id – Saat menginap di tempat penginapan, Anda mungkin khawatir jangan-jangan ada kamera pengintai sedang mengawasi Anda.

Dikutip dari How To Geek, diakses Minggu (30 Mei 2021), sebuah berita baru-baru ini menggambarkan kisah mengerikan dari kamera tersembunyi yang disiarkan langsung di hotel-hotel Korea Selatan. Lebih dari 1.500 tamu hotel difilmkan dan disiarkan langsung melalui internet.

Kamera itu sebenarnya dibuat bukan untuk tujuan jahat, tapi disalahgunakan oleh orang-orang jahat yang ingin mengintai orang-orang di sebuah tempat penginapan atau semacamnya.

Kamera pengintai tersembunyi itu bisa saja disamarkan sebagai pendeteksi asap sehingga mengelabui seseorang. Ada pula kamera pengintai tersembunyi yang memang sengaja itu dibuat seperti jam, seperti USB atau menyerupai alat pengisi daya nirkabel.

Karena susah dideteksi, maka Anda perlu bantuan untuk menemukannya. Cara untuk menemukan atau mendeteksi kamera pengintai tersembunyi ini cukup mudah, tidak perlu menyewa alat atau orang yang handal dengan hal ini. Pasalnya, Anda dapat melakukannya sendiri melalui ponsel pintar Anda yakni dengan aplikasi dan kamera ponsel Anda.

Ada dua cara memindai kamera dengan ponsel Anda. Pertama jika Anda memiliki akses, Anda dapat memindai jaringan wi-fi untuk perangkat yang terlihat seperti kamera. Namun, ini hanya berlaku bagi kamera yang terhubung ke jaringan. Kedua, Anda dapat mencari kamera night vision menggunakan kamera ponsel Anda.

Bagaimana caranya?

Cara memindai kamera jaringan

  1. Buka ponsel dan unduh aplikasi bernama "Fing" dari toko aplikasi
  2. Setelah terinstal di ponsel, buka aplikasi "Fing" itu.
  3. Di Android, klik ikon tanda panah berputar di kanan atas untuk menyegarkan aplikasi dan setuju untuk memberikan izin lokasi apliakasi. Sementara di iPhone langkah ini secara otomatis.
  4. Tunggu hingga aplikasi selesai memindai, lalu lihat daftar perangkat yang ditemukan.
  5. Muncul daftar perangkat di jaringan yang diidentifikasi aplikasi. Anda mungkin mendapati apa pun yang menampilkan produsen kamera seperti Nest, Arlo, atau Wyze, atau tercantum sebagai "IP Camera"
  6. Jika Anda tidak melihat kamera di dalam daftar, perhatikan berapa banyak perangkat yang tercantum dan apa yang dapat Anda temukan di sekitar tempat Anda.
  7. Lakukan check list daftar dengan sesuatu yang sekiranya berjaringan di sekitar Anda. Jika ada dalam daftar, tetapi tidak ada wujudnya, maka Anda tulis alamat IP-nya.
  8. Jika menemukan jaringan yang dicurigai, klik ikon jaringan "Network" di bawah tengah layar.
  9. Ketuk "Find open ports"
  10. Ketik alamat IP yang Anda tulis sebelumnya dan kemudian ketuk tombol biru "Find open ports".
  11. Daftar tersebut akan menunjukkan port apa yang terbuka, dan layanan apa yang mereka gunakan. Perhatikan: RTSP dan RTMP itu umum untuk streaming video. Sementara itu, HTTP atau HTTPS itu layanan yang dapat coba sambungkan dengan peramban web, yang dapat menampilkan streaming video.
  12. Cukup ketikkan alamat IP ke browser Anda diikuti dengan titik dua, lalu diikuti oleh port terdaftar, contoh 192.168.0.15:80.

Cara mengenali kamera night vision

Kamera tersembunyi bisa berada di jaringan yang terpisah atau terlalu kabur untuk dikenali dengan mudah. Jika belum menemukan kamera apapun, Anda dapat mencoba mencari lampu inframerah. Pasalnya, sebagian besar kamera IP menggunakan inframerah untuk penglihatan malam.

  1. Beberapa ponsel pintar memiliki filter untuk memblokir cahaya inframerah pada kamera utama mereka, tetapi sangat sedikit yang memiliki filter pada kamera depan.
  2. Untuk menentukan kamera mana yang bekerja, ambil remote televisi (biasa memiliki cahaya inframerah). Arahkan ke kamera utama ponsel cerdas Anda dan tekan sebuah tombol. Jika Anda melihat cahaya di layar, maka itu dapat mendeteksi inframerah. Jika tidak, coba lagi dengan kamera depan.
  3. Setelah Anda menemukan kamera yang bisa digunakan, matikan lampu di ruangan yang ingin diperiksa apakah ada kamera night vision tersembunyi.
  4. Hidupkan kamera ponsel pintar Anda dan mulailah mencari lampu yang bersinar. Ingat bahwa lampu di ruangan yang Anda harus mati agar terlihat ada cahaya yang bersinar atau tidak. Cahayanya biasanya berwarna ungu tetapi terkadang bisa terlihat putih. Anda perlu berada di dekat kamera tersembunyi itu.
  5. Jangan hanya melihat ke tengah dinding, tetapi arahkan ponsel pintar Anda ke langit-langit, ventilasi, bahkan outlet.
  6. Saat lampu menyala, cari sesuatu yang tidak biasa. Apakah ruangan memiliki lebih dari satu detektor asap? Apakah ada hub USB di tempat yang tidak memiliki perangkat elektronik lain?
  7. Jika ada cermin, coba lakukan berikut. Cermin standar jika jari Anda sentuhkan ke kaca, maka akan terlihat terpisah, antara bayangan dan jari asli Anda. Namun, jika jari yang dipantulkan dan jari asli Anda akan bersentuhan (seperti menyentuh), itu mungkin menyembunyikan kamera.
  8. Perhatikan hal-hal yang tidak pada tempatnya sehingga dapat membantu Anda menemukan kamera tersembunyi. Sayangnya, tidak ada metode yang dijamin untuk benar-benar menemukannya. Namun, langkah-langkah itu dapat Anda gunakan setidaknya untuk berusaha menemukannya.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#kamerapengintai   #CCTV   #peretasan   #smartphone

Share:




BACA JUGA
Peretas Twitter Masih Tunggu Ekstradisi ke AS
Setahun Peretasan Massal Twitter, Seorang Anggota Geng Ditangkap di Spanyol
Norwegia Sebut Serangan Siber ke Sistem Email Parlemennya Berasal dari China
Yang Perlu Dilakukan Saat Ponsel Pintar Anda Hilang
Facebook Deteksi Ratusan Akun yang Dioperasikan Hacker Iran