IND | ENG
Tanpa Sengaja Membeli Aplikasi? Ini Cara Refund dari Google Play Store

Ilustrasi | Foto: Unsplash

Tanpa Sengaja Membeli Aplikasi? Ini Cara Refund dari Google Play Store
Tenri Gobel Diposting : Minggu, 27 Desember 2020 - 13:40 WIB

Cyberthreat.id –  Jika ponsel Anda dipakai oleh anak-anak untuk bermain game, terkadang tanpa sengaja mereka membeli sebuah aplikasi dengan nilai yang cukup besasr. Sebetulnya bagi Anda sebagai orang tua, aplikasi itu tidak dibutuhkan banget.

Namun, jangan khawatir karena Google memungkinkan Anda mendapatkan kembali dana Anda dari pembelian aplikasi di Play Store.

Cara termudah dan tercepat untuk mendapatkan pengembalian dana (refund) pada aplikasi atau game adalah melakukannya dalam dua jam setelah pembelian itu.

Refund dapat Anda lakukan untuk sekali saja. Jika Anda membayarnya untuk kedua kalinya, Anda tidak akan bisa mendapatkan uang kembali—tapi jika sedang beruntung, Anda bisa mengembalikan semuanya.

Yuk, simak cara mendapatkan pengembalian dana dari Google Play Stor, dikutip dari How To Geek, diakses Minggu (27 Desember 2020):

  1. Buka Google Play Store di ponsel atau tablet Android Anda
  2. Cari aplikasi atau game yang sudah Anda beli dan ingin mendapatkan pengembalian dana ituSelama aplikasi itu baru dibeli 2 jam yang lalu, Anda akan melihat tombol "Refund" di samping tulisan "Open".
  3. Klik "Refund"Sebuah pesan akan menanyakan apakah Anda yakin ingin mengembalikan dana pembelian dan mencopot pemasangan aplikasi. Klik "Yes" untuk melanjutkan.
  4. Anda akan langsung dikembalikan ke metode pembayaran yang Anda gunakan untuk melakukan pembelian.

Pengembalian setelah dua jam

Mendapatkan uang kembali setelah dua jam awal sedikit lebih sulit. Agar memenuhi syarat, harus kurang dari 48 jam setelah pembelian aplikasi atau game. Ini juga termasuk pembelian dalam aplikasi. Untuk melakukannya:

  1. Kunjungi situs web Play Store di peramban web (https://play.google.com/store)
  2. Klik "Histori Pesanan"
  3. Temukan pesanan yang ingin Anda kembalikan
  4. Pilih "Minta pengembalian dana" atau "Laporkan Masalah"
  5. Sebuah pop-up akan muncul dengan menu drop-down berjudul "Pilih opsi", klik pilih opsi yang sesuai dengan situasi Anda.
  6. Nanti tergantung pada pilihan Anda, ada beberapa informasi tentang kebijakan pengembalian dana Google.
  7. Karena sudah lewat dua jam, maka harus mengisi formulir. Jelaskan situasi Anda pada kotak teks yang tersedia dan klik "Kirim".
  8. Nanti muncul sebuah pesan yang menjelaskan bahwa Anda akan menerima email tentang keputusan pengembalian dana dalam waktu 48 jam.

Google mengatakan biasanya email akan diterima dalam waktu 15 menit, tetapi proses ini dapat memerlukan waktu hingga 4 hari kerja.

Anda juga dapat melaporkan tagihan jika itu tidak dilakukan oleh orang yang Anda tidak kenal atau tagihan tidak sah dalam waktu 120 hari setelah transaksi itu terjadi. Anda tinggal kunjungi Payment Google. Pastikan bahwa itu memang bukan secara tidak sengaja atau sengaja dilakukan oleh orang yang Anda kenal.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#googleplaystore   #google   #tokoaplikasi   #refund

Share:




BACA JUGA
Google Mulai Blokir Sideloading Aplikasi Android yang Berpotensi Berbahaya di Singapura
Google Penuhi Gugatan Privasi Rp77,6 Triliun Atas Pelacakan Pengguna dalam Icognito Mode
Malware Menggunakan Eksploitasi MultiLogin Google untuk Pertahankan Akses Meski Kata Sandi Direset
Google Cloud Mengatasi Kelemahan Eskalasi Hak Istimewa yang Berdampak pada Layanan Kubernetes
Penting: Kerentanan Zero-Day Chrome Terbaru yang Dieksploitasi di Alam Liar – Upadate-ASAP