
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Jakarta, Cyberthreat.id – Anda yang bekerja dari rumah (work from home) tak perlu bingung jika Ingin bertanya tentang ciri-ciri penyakit virus corona (Covid-19)? Anda bisa memanfaatkan layanan telemedis atau konsultasi daring (online).
Juru Bicara Pemerintah RI untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar corona kini tersedia banyak layanan tanpa harus keluar rumah.
"Untuk jejaring konsultasinya ada Call Center 119, ada unicorn seperti Halodoc, Sehatpedia, dan Gojek, banyak ruang untuk konsultasi," ujar Yurianto, Sabtu lalu seperti dikutip dari CNBC Indonesia.
Sehatpedia adalah aplikasi kesehatan yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Layanan Kesehanan Kemkes untuk mengakomodasi dan memfasilitasi masyarakat terhadap informasi kesehatan yang akurat, kredibel dan tepercaya.
Aplikasi menyediakan fitur Live chat sehingga pengguna bisa berkonsultasi menyangkut keluhan penyakit, tips kesehatan, dan topik medis lain. Konsultasi akan direspons oleh dokter dari 32 rumah sakit vertikal Kemkes.
Kemkes juga menggandeng startup teknologi bidang kesehatan, Halodoc, dengan membuka layanan telemedis yang bekerja sama dengan Gojek.
CEO dan Co-founder Halodoc, Jonathan Sudharta, menuturkan, layanan konsultasi online tersebut didukung oleh lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan berpengalaman di Halodoc serta telah memiliki pengetahuan yang memadai mengenai Covid-19 sesuai anjuran pemerintah dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).
"Kami ikut dalam peperangan melawan Covid bersama dengan lebih dari 20.000 dokter, di mana pasien bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter-dokter di Halodoc," ujar Jonathan.
Pengguna bisa memanfaatkan Check Covid-19 di aplikasi Halodoc untuk berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan self-assessment atau pemeriksaan sendiri terkait virus corona.
Apabila terdapat dugaan seseorang terinfeksi virus corona, dokter Halodoc akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah dan obat akan diresepkan oleh dokter dari Halodoc.
"Dokter akan mengeluarkan resep dan obat yang akan diantarkan oleh mitra Gojek hingga sampai ke tangan pasien," jelas Jonathan.
Ketika pasien membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, Halodoc akan merujuk pasien itu ke rumah sakit rujukan yang ditetapkan pemerintah.
"Layanan telemedis Check Covid-19 tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek,” kata Andarini Corporate Communications Manager Gojek dalam keterangan resmi yang diterima Cyberthreat.id, Jakarta, Senin (23 Maret 2020).
Menurut Andarini, pengguna aplikasi Gojek bisa memilih shuffle card Check Covid-19 dan pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check Covid-19 di aplikasi Halodoc.[]
Redaktur: Andi Nugroho
Share: