
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Ilustrasi | Foto: freepik.com
Jakarta, Cyberthreat.id – Operator seluler Telkomsel mengklaim selama kebijakan pembatasan sosial (social distancing) untuk mencegah wabah virus corona (Covid-19), layanan data tetap aman. Hal itu disampaikan Telkomsel dalam keterangan tertulisnya kepada Cyberthreat.id, Senin (16 Maret 2020).
Selama pembatasan sosial, per Senin ini, pemerintah menganjurkan perkantoran untuk “merumahkan” pegawainya dan bekerja dari rumah. Begitu pula para siswa diliburkan dan belajar daring (online) selama dua pekan ke depan. Hal ini memaksa mereka menggunakan internet untuk tetap bisa bekerja atau mendapatkan materi pelajaran sekolah.
Berita Terkait:
Telkomsel menyatakan telah menyiapkan tiga langkah dalam merespons permintaan layanan data internet yang mungkin melonjak.
Pertama, Telkomsel mengklaim akan menjaminan layanan tetap tersedia dan aktivitas operasional tetap berjalan. Kedua, menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah. “Ini berkaitan dengan diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah,” ujar Telkomsel.
Menurut Telkomsel, pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan virus corona, seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait.
Berita Terkait:
Selanjutnya, perusahaan juga berkoordinasi dengan seluruh mitra, termasuk para distributor dan reseller untuk menjamin ketersediaan produk dan layanan, seperti kartu telepon.
Telkomsel juga menyatakan, pusat pelayanan kunjungan pelanggan, seperti GraPARI tetap beroperasi normal sesuai ketentuan jam operasional di tiap wilayah.
Menurut Telkomsel, seluruh GraPARI telah menjalankan prosedur standar yang dibutuhkan guna memeriksa kondisi kesehatan pelanggan yang berkunjung. Misalnya, menyediakan hand sanitizer, sabun cair dan masker bagi pelanggan yang membutuhkan.
Telkomsel tetap menyarankan pelanggan untuk menggunakan layanan pengaduan secara digital melalui Call Center 188, layanan virtual assitant via aplikasi MyTelkomsel, situs web telkomsel, akun resmi LINE dengan username @Telkomsel serta email cs@telkomsel.co.id.[]
Redaktur: Andi Nugroho
Share: