IND | ENG
2019, Tahun Positif Shopee

Ilustrasi

2019, Tahun Positif Shopee
Faisal Hafis Diposting : Rabu, 18 Desember 2019 - 19:46 WIB

Cyberthreat.id - Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar, menyebut 2019 sebagai tahun positif bagi Shopee. Sepanjang tahun 2019, kata dia, Shopee banyak menjuarai dan memecahkan rekor pada berbagai gelaran Big Day seperti Jual Beli Ramadhan, Harbolnas 12.12 dan gelaran pesta belanja lainnya.

"Ini menandakan gairahnya (belanja di e-commerce) akan terus berkembang dan saya berharap pemerintah juga mendorong," ujar Rezki di Jakarta, Rabu (18 Desember 2019).

Rezki menjamin Shopee akan terus berinovasi dan berkreativitas dalam memberikan kenyamanan berbelanja kepada para pelanggannya.

"Dari segi user atau pengguna masih akan terus berkembang dan saat ini belum mencapai tingkat maksimal yang bisa didapatkan suatu perusahaan digital. Pada usia 25 tahun kebawah juga terdapat perkembangan yang cukup tinggi," ujarnya.

“Segmen ini akan terus growing (tumbuh) karena anak-anak (milenial) ini tumbuh dengan konektivitas digital yang lebih tinggi. Segmen ini memiliki peran yang sangat penting karena mungkin mereka yang mengajarkan orang tuanya untuk berjualan, membeli, bahkan order ojek secara online."

Secara geografis, transaksi elektronik dan digitalisasi yang terjadi di Shopee sebanyak 70 persen ada di pulau Jawa. Shopee juga telah menjangkau 515 kota dan kabupaten di Indonesia.

"Dan kita melihat terdapat potensi yang besar dan akan terus berkembang di luar pulau Jawa. Berkembangnya dari sisi penjualan dan pembeli."

"Karena awareness masyarakat mau tidak mau akan terus berkembang sampai dimana industri bersaing begitu ketat dan orang akan tahu e-commerce itu sendiri."

Survei Menyatakan

Head of Research and Data Analysis - Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT) Ai Mulyani menyebut Shopee sebagai salah satu juara e-commerce di Tanah Air. PDAT baru saja melakukan survei dan riset mengenai pasar e-commerce di Infonesia bertajuk “Juara e-Commerce 2019”.

"Survei ini merilis tentang tren belanja secara online di pasar e-commerce," kata Ai saat membeberkan hasil survei di Jakarta, Rabu (18 Desember 2019).

Survei dilakukan secara online melibatkan 1.027 responden tersebar di berbagai kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung dan kota lainnya yang terbanyak mengunjungi website atau mobile apps e-commerce.

Berdasarkan jenis kelamin, survei ini berimbang antara laki-laki dan perempuan (fifty-fifty) dan rentang usia 25 sampai 30 tahun adalah porsi terbesar yang menyumbang riset ini.

Survei juga merilis ‘Peringkat E-Commerce Terpopuler’ di Indonesia tahun 2019. Menurut riset ini, Tokopedia berada di posisi pertama menjadi yang terpopuler di kalangan masyarakat. Disusul Shopee di peringkat kedua, Bukalapak dan Lazada berada masing-masing di urutan ke-3 dan ke-4.

Berdasarkan jenis kelaminnya, Shopee merupakan yang terpopuler di kalangan perempuan. Dan untuk kalangan laki-laki Tokopedia memiliki popularitas paling tinggi.

“Secara segmentasi antara laki-laki dan perempuan terdapat perbedaan karakteristiknya. Shopee adalah e-commerce yang menjuarai pada segmen perempuan,” kata Mulyani.

Perempuan, lanjut Mulyani, lebih aware menyebutkan Shopee ketika ditanya terkait e-commerce yang paling dikenal. Brand Shopee menurut dia lebih kuat untuk perempuan dibandingkan perusahaan e-commerce lainnya.

Shopee juga merupakan e-commerce yang paling sering dikunjungi oleh para perempuan. Menggungguli Tokopedia dengan Shopee berkisar 50 persen dan Tokopedia di kisaran 30 persen untuk segmen perempuan yang mengunjungi platform e-commerce.

#Shopee   #Ekonomidigital   #transaksielektronik   #bigdata   #analytics   #iot   #cloud   #ai   #cyber   #security   #cyberthreat   #literasidigital   #literasikonsumen

Share:




BACA JUGA
Demokratisasi AI dan Privasi
Luncurkan Markas Aceh, Wamen Nezar Dorong Lahirnya Start Up Digital Baru
Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital
Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025
Indonesia Dorong Terapkan Tata Kelola AI yang Adil dan Inklusif