Jakarta,Cyberthreat.id- Telkomsel memperkuat komitmennya dalam mengakselerasikan transformasi digital di berbagai sektor industri melalui implementasi layanan solusi korporasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT).
Kini, layanan solusi korporasi berbasis IoT Telkomsel, dipercaya oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk mentransformasi operasional armada kereta pembangkit milik PT KAI.
Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh PT KAI dalam pemanfaatan solusi inovatif bisnis korporasi berbasis IoT dari Telkomsel.
"Implementasi teknologi IoT milik Telkomsel ke dalam ekosistem digital PT KAI merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung terwujudnya visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia,” kata Dharma melalui siaran pers, Sabtu, (28 September 2019).
Melalui unit Telkomsel Enterprise, Telkomsel menghadirkan solusi Industrial Internet of Things dengan layanan Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) yang kemudian dikembangkan dan dikustomisasi oleh PT KAI dan Telkomsel menjadi solusi baru dengan nama GRAMS, atau Genset Reliability and Availability Monitoring System.
Solusi ini berfungsi untuk memonitoring performance dan kondisi genset di kereta pembangkit secara real time sehingga dapat dilakukan pencegahan problem sebelum terjadi dan dapat memprediksi jadwal maintenance yang akan dilakukan.
“Sejumlah faktor pada kereta pembangkit yang dapat GRAMS pantau meliputi efisiensi kelistrikan (faktor daya, voltase, arus listrik), kondisi mesin (suhu, tekanan oli, rpm), status dan masa operasi mesin, kondisi baterai, hingga lokasi,” ujar Dharma.
Dalam implementasinya, INTANK akan menjadi solusi untuk menyajikan informasi dari perangkat pengendali otomatis programmable logic controller (PLC), yang termasuk di dalam ekosistem aplikasi GRAMS, pada kereta pembangkit KAI secara online dan real-time.
“Penggunaan dari teknologi IoT tersebut mampu meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional PT KAI demi meningkatkan pelayanan bagi seluruh pengguna kereta api di Indonesia,” jelas Dharma.
Selain mendorong efisiensi pada operasional PT KAI, INTANK juga dapat menghadirkan rasa aman dengan adanya sistem diagnosa untuk membantu meminimalisir biaya tak terduga serta sistem peringatan yang terus berjalan sepanjang hari agar aset yang diawasi senantiasa terjaga.
“Keamanan memang menjadi salah satu faktor penting dalam penerapan teknologi IoT,” terang Dharma.
Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI Denny Haryanto menambahkan, program ini terwujud dalam rangka meningkatkan pelayanan yang prima bagi seluruh pengguna jasa Kereta Api dan sejalan dengan rogram kerja untuk digitalisasi di bidang sarana (Rollingstock) dengan memanfaatkan Teknologi IoT.
“Dalam hal ini, Telkomsel dapat menjawab kebutuhan kami, dengan kerjasama ini kami harap dapat diterapkan di semua jenis Sarana (Rollingstock) yang dimiliki oleh PT. KAI untuk meningkatkan Efisiensi dan Keselamatan Operasional Kereta Api,” ungkap Denny.