
Buka www.pln.co.id untuk cek kompensasi listrik mulai September 2019
Buka www.pln.co.id untuk cek kompensasi listrik mulai September 2019
Jakarta, Cyberthreat.Id - PT PLN (Persero) menepati janjinya memberikan kompensasi kepada pelanggan listrik yang terdampak pemadaman massal pada 4 Agustus 2019 lalu. Kompensasi ini diberikan sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017.
Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan kompensasi sudah bisa didapatkan mulai bulan September 2019.
“Bagi pelanggan pascabayar, saat membayar tagihan listrik di bulan September, yakni pemakaiaan bulan Agustus, pelanggan akan mendapat pengurangan sebesar nilai kompensasi yag diterima,” kata Dwi, Rabu, 4 September 2019.
Sedangkan untuk pelanggaran prabayar, akan mendapat tambahan token sebesar nilai kompensasi.
Sekadar informasi, kompensasi yang diberikan sebsar 35 persen dari biaya beban atau rekening mininum untuk golongan tarif adjustment dan 20 persen untuk non-adjustment.
Berdasarkan perhitungan PLN, total biaya kompensasi yang dibayarkan akan mencapai Rp865,22 miliar untuk 22.081.019 pelanggan. Kompensasi tertinggi dibayarkan ke pelanggan rumah tangga dengan nilai Rp379,31 miliar.
Adapun jumlah rumah tangga yang terdampak padamnya listrik mencapai 20.486.589 pelanggan. Industri menjadi pembayaran kompensasi terbesar kedua senilai Rp231,55 miliar dengan 28.106 pelanggan.
Sisanya, pelanggan bisnis besaran kompensasinya Rp206,34 miliar dengan 1.037.811 pelanggan, publik Rp27,85 miliar dengan 119,208 pelanggan, sosial Rp12,24 miliar dengan 391.663 pelanggan, layanan khusus Rp7,14 miliar dengan 17.581 pelanggan, dan traksi atau kereta api Rp1,81 miliar dengan 61 pelanggan.
Untuk mendapatkan deretan angka token kompensasi dan jumlahnya, pelanggan bisa mengakses dari website PLN. Berikut langkah-langkahnya.
1. Buka www.pln.co.id
2. Pilih menu
3. Pilih pelanggan
4. Pilih layanan online
5. Info kompensasi ujl
6. Masukkan ID pelanggan dan kode di sampingnya. Nanti akan muncul kompensasi yang didapat
Ada pun bagi pelanggan yang tidak memiliki akses internet, ponsel, dan sebagainya, bisa menghubungi contact center PLN di 123.[]
Share: