IND | ENG
Soal Fitur Pencairan Dana Tidak Aktif, Ini Kata Bukalapak

Soal Fitur Pencairan Dana Tidak Aktif, Ini Kata Bukalapak

Soal Fitur Pencairan Dana Tidak Aktif, Ini Kata Bukalapak
Yuswardi A. Suud Diposting : Senin, 29 Juli 2019 - 18:15 WIB

Jakarta, Cyberthreat.Id - Merespon keluhan sejumlah pedagang yang tak bisa mencairkan uang hasil penjualan di Bukalapak sejak 27 Juli lalu, platform e-commerce itu mengatakan saat ini fitur pencairan dana sudah aktif kembali. Namun, sejumlah pedagang mengaku belum menerima transfer dana dari Bukalapak hingga Senin sore, 29 Juli 2019.

Merespon pertanyaan dari Cyberthreat.Id, akun twitter resmi Bukalapak mengatakan saat ini fitur pencairan dana sudah aktif kembali.

“Halo kak, saat ini fitur pencaian dana sudah aktif kembali ya :),” tulis akun @Bukalapak pukul 16.37 WIB.

Namun, satu jam berselang, seorang pedagang yang sebelumnya mengeluhkan tak bisa mencairkan dana di Bukalapak sejak 27 Juli 2019, mengatakan saat dicek hingga pukul 18.00 WIB, belum ada dana yang masuk ke rekeningnya.

“Saya sudah cek ulang beberapa kali dalam satu jam terakhir, tapi belum ada masuk,” ujar pedagang yang menunggu pencairan dana lebih dari Rp50 juta, hasil penjualan produknya yang dijual di platform Bukalapak.

Di Twitter, jawaban dari Bukalapak juga mendapat respon dari seorang pedagang di Bukalapak. Seperti pedagang yang berbicara kepada Cyberthreat.Id, pemilik akun Twitter @bi16788 juga mengaku belum menerima uangnya.

“Fitur sudah aktif, tapi dana tetap belum ditransfer ke rekening. Sudah hari ke-3 dana penjualan nyangkut,” tulis akun @bi6788.

Sebelumnya, seorang pedagang yang sudah dua tahun berjualan di Bukalapak mengatakan sejak 27 Juli 2019 kemarin kesulitan mencairkan dananya senilai lebih dari Rp50 juta.

Pedagang yang meminta namanya dirahasiakan itu mengatakan dirinya sudah berusaha menghubungi admin Bukalapak lewat fitur Live Chat untuk menanyakan apa yang sesungguhnya terjadi.

Dalam jawaban yang diterima, admin Bukalapak mengatakan,”mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami informasikan bahwa saat ini fitur pencairan sedang tidak aktif karena adanya pembaruan sistem. SIlakan untuk melakukan pengecekan pada aplikasi Bukalapak Anda secara berkala ya kak.”

Namun, ketika ditanya lagi kepastian kapan dana bisa dicairkan, admin Bukalapak belum menjawabnya hingga Senin siang, 29 Juli 2019.

“Ini sudah ketiga kalinya dana kami digantung. Padahal kita sedang membutuhkan uangnya untuk belanja barang lagi,” ujar pedagang itu.

Biasanya, kata pedagang itu, jika permintaan pencairan dana dilakukan, paling lama 24 jam kemudian sudah bisa dicairkan.

“BIasanya di marketplace lain, dua hingga tiga jam setelah permintaan dilakukan, dananya sudah masuk ke rekening kami,” kata pedagang itu.

Di Twiiter, akun @SMarcellina juga mengeluhkan hal yang sama pada 27 Juli.

“@BukaBantuan @ojkindonesia @kemkominfo @bukalapak mohon segera ditindaklanjuti untuk masalah dana Bukadompet pada aplikasi Bukalapak yang tidak bisa dicairkan hampir 1x24 jam ini. ribuan pengguna aplikasi Bukalapak merasa dirugikan atas perihal dana yang tertahan!” tulis @SMarcellina.[]

Berita sebelumnya:
Pedagang Keluhkan Tak Bisa Cairkan Dana dari Bukalapak

#bukalapak   #ecommerce   #cybernomic   #ekonomidigital

Share:




BACA JUGA
Luncurkan Markas Aceh, Wamen Nezar Dorong Lahirnya Start Up Digital Baru
Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital
Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025
Pelindungan Konsumen Perkuat Kepercayaan pada Keuangan Digital
Cacat OAuth Kritis Terungkap di Platform Grammarly, Vidio, dan Bukalapak