
Tangkapan layar Neeva.
Tangkapan layar Neeva.
Cyberthreat.id – Google punya pesaing mesin pencari baru di Eropa, benua yang memiliki aturan terketat tentang perlindungan data pribadi.
Namanya Neeva.
Saat ini telah memiliki lebih dari 600.000 pengguna bulanan sejak diluncurkan di Amerika Serikat.
Mesin pencari itu mengklaim diri bebas iklan. Didirikan dan diluncurkan tahun lalu oleh bekas karyawan Google, Sridhar Ramaswamy (eks SVP Iklan Google) dan Vivek Raghunathan (eks VP Monetisasi YouTube).
Mereka mengatakan bahwa Neeva akan memberikan hasil pencarian “jujur kepada pengguna web, tanpa pelacakan, dan sama sekali tidak ada iklan atau tautan afiliasi,” demikian pernyataan pers mereka yang diunggah di Businesswire, 6 Oktober lalu.
Neeva akan memberikan kontrol kepada pengguna dalam pengalaman pencarian di web. Untuk menghormati pengguna, mesin pencari akan memblokir pelacakan pihak ketiga dan tidak pernah mendapat keuntungan dari data pengguna.
Berita Terkait:
Ekspansi mereka ke Benua Biru setelah mendapatkan suntikan dana Seri B senilai US$40 juta.
Investor mereka, seperti Sequoia Capital, Greylock Ventures, Inovia Capital, dan Neythri Futures Fund. Sejauh ini, perusahaan telah mengumpulkan lebih dari US$80 juta dari investornya.
“Internet harus menjadi sudut pribadi Anda di web alih-alih rentetan iklan, spam SEO, dan informasi yang tidak relevan,” kata CEO Sridhar.
“Kami menciptakan kembali penelusuran dengan memberi pengguna kontrol atas sumber; memberikan hasil akurat dan transparan serta pengalaman pribadi dan khusus tanpa pengaruh bias perusahaan."
Neeva menawarkan model freemium. Pertama-tama, mereka akan memberikan layanan dasar gratis bebas iklan, selanjutnya mengenalkan model berbayar dengan fitur tambahan, seperti layanan VPN dan pengelola kata sandi (password manager).
"Google telah mendominasi pasar mesin pencari, mempertahankan lebih dari 90 persen pangsa pasar. Neeva akan menantang supremasi ini dengan menciptakan pengalaman pencarian dan penelusuran yang lebih baik yang menyenangkan pengguna," kata Ramaswamy.
“Internet yang didukung iklan telah menciptakan insentif yang sangat tidak seimbang dan membuat monopoli ‘Big Technology’. Pengiklan menjadi lebih kaya sambil mengeksploitasi privasi dan data pribadi pengguna. Sudah waktunya untuk pendekatan baru untuk pencarian yang mengutamakan orang."
Neeva tersedia sebagai aplikasi seluler asli di Android dan iOS, sementara itu juga tersedia di desktop (Chrome, Edge, Firefox, Safari) melalui ekstensi browser yang memblokir pelacak dan memberikan merek pencarian organik, Neeva.
Dengan begitu, situs web berita atau informasi yang Anda kunjungi tidak akan dapat mengirimkan data Anda ke pihak ketiga mana pun untuk pembuatan profil atau iklan yang dipersonalisasi, tulis Tech Crunch.[]
Share: