IND | ENG
Bagaimana DANA Menjaga Keamanan Dompet Digitalnya?

DANA | Foto: gizmologi.id

Bagaimana DANA Menjaga Keamanan Dompet Digitalnya?
Andi Nugroho Diposting : Senin, 07 Maret 2022 - 15:00 WIB

Cyberthreat.id – Untuk mengantisipasi beragam serangan dan kejahatan agar terbangun kepercayaan masyarakat terhadap keuangan digital, platform layanan dompet digital, DANA telah mengimplementasikan beragam upaya keamanan.

Langkah yang dilakukan yaitu mengidentifikasi secara berkala di berbagai aspek, mulai program kampanye yang sedang berjalan, produk, media sosial, maupun mitra untuk memitigasi risiko kemungkinan terjadinya ancaman,” kata VP Information Security DANA Andri Purnomo, dikutip dari Antaranews.com, Jumat (4 Maret 2022).

Tercatat saat ini DANA telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna, 5.000 gerai elektronik, dengan rata-rata transaksi mencapai 7 juta transaksi per hari, yang melibatkan lebih dari 8.500 sistem TI, 200 aplikasi dan 300 application programming interface (API).

Andri mengatakan, DANA berkomitmen terus meningkatkan keamanan layanannya, salah satunya, melalui "Security Score Card" untuk mengukur postur keamanan domain dari penilai independen, dan saat ini telah mencapai peringkat teratas dengan nilai A.

Postur keamanan domain diukur dari 10 komponen keamanan dan skor DANA saat ini berada di atas rata-rata industri global. Tahun lalu, DANA mengawali Security Score Card dengan nilai B.

DANA juga menerapkan konsep “Manajemen Risiko Terintegrasi” yang didukung dengan teknologi Risk Engine yang menggunakan data perangkat hingga karakteristik transaksi pengguna untuk memitigasi risiko terkait masalah keamanan.

Selain itu, DANA senantiasa juga membangun "risk aware culture" untuk seluruh karyawan guna memahami dan mengenai berbagai jenis risiko untuk dapat bersama-sama menjaga dan memitigasi risiko perusahaan.

Dari sisi keamanan pengguna, DANA juga menerapkan kebijakan zero data sharing, penggunaan teknologi keamanan mulai dari PIN hingga teknologi verifikasi wajah yang dikembangkan sendiri yaitu DANA VIZ (Visual Identity Authorization), dan mengimplementasikan standar ISO dan PCI-DSS secara berkala.

Perusahaan juga menyediakan program DANA Protection yang akan menjamin pengembalian uang pengguna apabila terjadi kegagalan dalam transaksi.

“DANA percaya implementasi keamanan dapat diciptakan dengan adanya tiga faktor. Pertama, kompetensi tim, yaitu dengan memastikan semua tim mengemban tanggung jawab untuk menjaga keamanan hingga mampu terhindar dari ancaman kejahatan siber. Kedua, memiliki proses yang modern termasuk tata kelola yang konsisten secara internal maupun dengan pihak eksternal. Ketiga, penggunaan teknologi tidak hanya sebagai alat namun penggerak untuk memastikan proses yang sesuai dan memberikan nilai bagi operasional,” tutur Andri.[]

#dana   #fintech   #dompetdigital   #keamanandigital

Share:




BACA JUGA
Komisi III DPRRI: Kejahatan Judi Online Semakin Genting
CyberArk Kenalkan Platform Keamanan Identitas Digital
Menteri Budi Arie: Saya Fight Berantas Judi OnlineĀ 
Tak Hanya Blokir, Kominfo Juga Perkuat Literasi dan Edukasi Lawan Judi Slot
Omzet Capai Rp27 T, Kominfo Gandeng Polri Tindak Pelaku Judi Slot