
Apple | Foto: Pexels
Apple | Foto: Pexels
Cyberthreat.id – Saat menggunakan iCloud Drive, Mac dapat secara otomatis mensinkronisasi semua data yang ada di perangkat Anda, terutama di folder “Desktop & Documentes”.
Yang perlu Anda pahami, sinkronisasi tersebut akan menyedot ruang penyimpanan iCloud. Pengguna Apple dapat menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis ini melalui pengaturan di Mac.
Dikutip dari How To Geek, diakses Senin (3 Mei 2021), berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menonaktifkan sinkronisasi otomatis file ke iCloud:
Setelah itu, Anda akan melihat jendela pop-up baru yang mengingatkan Anda bahwa iCloud tidak akan menghapus atau secara otomatis memindahkan konten folder “Dokumen” dan “Desktop” di iCloud. Artinya, Anda harus memindahkan file kembali ke Mac secara manual atau menghapusnya sendiri, tergantung pada preferensi anda.
Setelah semua data dipindahkan kembali ke Mac lokal, Anda dapat menghapus folder “Desktop dan Dokumen” dari iCloud Drive. Namun pastikan untuk memeriksa ulang apakah Anda telah menyalin semua yang anda butuhkan terlebih dahulu.
Cara aktifkan kembali sinkronisasi ke iCloud
Jika Anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkan kembali fitur ini di lain waktu, dapat buka System Preferences>Apple ID>dan klik “Options” di samping “iCloud Drive” dalam daftar.
Lalu, klik tanda centang di sebelah opsi “Desktop and Documents Folders”
macOS juga mengingatkan Anda tentang fitur ini selama proses pengaturan, sehingga Anda dapat mengaktifkan kembali fitur ini saat Anda memperbarui perangkat lunak macOS di lain waktu.
Selain itu, saat Anda mengaktifkan sinkronisasi di komputer lain, macOS akan membuat sub-folder baru di iCloud Drive dengan nama komputer Anda saat ini sehingga mempermudah pelacakan.[]
Redaktur: Andi Nugroho
Share: