
Menteri Kominfo Johnny G. Plate. | Foto: Arsip Kemenkominfo RI
Menteri Kominfo Johnny G. Plate. | Foto: Arsip Kemenkominfo RI
Cyberthreat.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mendukung penyediaan akses jaringan internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia agar pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Ultra Mikro (UMi) untuk memasarkan produk dalam negeri secara online.
"Kami akan bekerja keras untuk memastikan internet link ratio dan close digital divide atau memperkecil disparitas antarwilayah Indonesia," tutur Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba yang berlangsung virtual dari Jakarta, Sabtu (20 Februari 2020) dalam pernyataan persnya.
Menteri Johnny menyatakan upaya yang menjadi bagian dari akselerasi transformasi digital itu ditargetkan bisa diselesaikan pada 2022. "Dengan cara apa? Sampai tahun 2022 nanti, mudah-mudahan, dengan arahan dan dukungan politik yang kuat dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Menteri Keuangan, kita akan menghadirkan internet 4G di seluruh desa dan kelurahan di seluruh pelosok tanah air Indonesia,” jelasnya.
Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan infrastruktur TIK untuk mengikis kensenjangan akses jaringan internet di seluruh wilayah tanah air. Salah satunya akan menghadirkan High Throughput Satelitte pada akhir tahun 2023 yang akan membantu meningkatkan kecepatan jaringan internet speed di 150.000 titik layanan publik seluruh Indonesia.
“Kami mendukung peningkatan peran dari UMKM dan Ultra Mikro yang saat ini sekitar 60 persen terhadap PDB Indonesia, kami tingkatkan dan mendorong agar menjangkau pasar yang lebih luas. Sekali lagi, kegiatan ini luar biasa dan menjadi contoh untuk diikuti oleh wilayah-wilayah lain di Indonesia,” paparnya.
Dukung UMKM/UMi Onboarding
Dalam peluncuran Beli Kreatif Danau Toba, Menkominfo berkisah mengenai salah satu kunjungan kerja beberapa waktu lalu. Berkaca dari pengalaman itu, Menteri Johnny menilai Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memasarkan produk kopi lokal di level internasional melalui pelaku UMKM.
“Saat berkunjung ke London dan Frankfurt, produk kopi Indonesia telah menjuarai kontes kopi dunia. Ternyata itu datang dari Flores dan Sumatera. Jadi, kopi tidak sekadar aroma dan rasa, tapi dia representasi Indonesia di arena dunia. Karenanya, di dalam negeri melalui kreatif danau toba ini wujud konkrit dan nyata yang akan kita promosikan di dalam negeri," ujar dia.
Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba itu bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021. Acara juga ditayangkan langsung melalui akun YouTube Kemenparekraf serta platform e-commerce Shopee, JDID, bhinneka.com, blibli.com, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Grab Indonesia. Selain itu, tayangan juga disiarkan langsung melalui akun Instagram @pesonaid_ travel.[]
Share: