IND | ENG
9 Aplikasi untuk Perkuat Keamanan dan Privasi Ponsel Anda

Ilustrasi | Foto: Pexels

9 Aplikasi untuk Perkuat Keamanan dan Privasi Ponsel Anda
Farhana Sabrina Diposting : Kamis, 10 September 2020 - 11:11 WIB

Cyberthreat.id – Perilaku kita selama menjelajahi internet sangat menentukan keamanan dan privasi. Meski perangkat yang kita miliki, Android dan iOS, telah meningkatkan keamanan, bukan berarti ini jaminan aman dari penjahat siber.

Perangkat iOS selama ini dikenal mengambil kendali lebih besar untuk urusan keamanan dibandingkan Android. Ini lantaran toko aplikasi Apple tak sembarangan menerima aplikasi dari pihak ketiga.

Oleh karenanya, pengguna seluler butuh tambahan pelindung dari aplikasi keamanan agar selama menjelajah internet cukup terlindungi. Dikutip dari Wired, diakses Rabu (9 September 2020), berikut ini sejumlah aplikasi keamanan yang barangkali cocok diterapkan di perangkat seluler Anda.

Access Dots

Perangkat iOS 14 bakal mendapatkan fitur baru yang menampilkan peringatan di layar jika aplikasi mencoba menggunakan kamera atau mikrofon perangkat, seperti lampu “aktif' yang mungkin ada di sebelah webcam laptop.

Fungis serupa juga dilakukan oleh Access Dots untuk perangkat Android.

Anda akan melihat indikator di bilah status jika aplikasi diam-diam mengaktifkan kamera atau mikrofon. Di Google Play Store, Access Dots tergolong aplikasi “freemium” alias tersedia layanan gratis, ada pula fitur khusus yang berbayar.

Jumbo

Layanan ini membantu penguna untuk mengunci akun media sosial. Ketika terhubung dengan akun-akun daring pengguna, Jumbo menawarkan fitur seperti menghapus tweet lama secara otomatis, menghentikan Google mengumpulkan informasi tentang penggunanya, membatasi personalisasi iklan di Facebook, dan sebagainya.

Yang perlu dipahami, Jumbo tidak memberikan opsi ekspor data. Tersedia di App Store dan Google Play Store dengan kategori “freemium”.

GlassWire

Tugas dari GlassWire yaitu mengawasi penggunaan data aplikasi. Pengguna dapat melihat aplikasi mana saja di ponsel pintar yang menggunakan data paling banyak (unggahan atau unduhan). Selain itu, tugas lainnya memberitahu peringatan instan saat aplikasi baru mulai terkoneksi internet dan lain-lain. Tersedia untuk Google Play Store dengan kategori “freemium”.

Norton App Lock

Aplikasi ini menambahkan lapisan keamanan ekstra ponsel pintar pengguna. Norton App Lock dapat memblokir akses seseorang ke aplikasi apa pun, salah satunya dengan menempatkan kode sandi.

Setelah menginstal Norton App Lock, pengguna cukup mengetuk aplikasi yang ingin dilindungi dengan kode sandi. Ada juga opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Norton App Lock secara keseluruhan sesuai kebutuhan. Jika lupa kode sandi, dapat dipulihkan menggunakan akun Google yang ditautkan ke perangkat Android. Tersedia gratis di Android.

Fing

Apakah tetangga juga menggunakan jaringan internet Anda? Fing dapat memberitahu pengguna dengan tepat apa yang ada di jaringan pada saat tertentu, yang berguna untuk memecahkan masalah serta menjaga keamanan wi-fi rumah.

Fing juga akan memeriksa kecepatan koneksi web, mencoba menemukan kamera tersembunyi di kamar hotel, memperingatkan tentang pemadaman internet, memberitahu perangkat baru yang terhubung ke jaringan, dan lain-lain.

Fing tersedia untuk Android dan iOS berkategori “freemium”.

Alfred Home Security Camera

Tahukah Anda bahwa dengan aplikasi yang tepat, Anda dapat menggunakan kembali ponsel atau tablet lama menjadi kamera keamanan? Alfred Home Security Camera memudahkan untuk mengatur dan mengonfigurasi semuanya.

Jelas, Anda akan membutuhkan lebih dari satu perangkat di sini, satu untuk merekam video dan satu lagi untuk menonton umpan dari mana pun Anda berada, tetapi Alfred menawarkan semua fitur yang Anda perlukan, termasuk deteksi gerakan, dua arah audio, dan sirene built-in.

Tersedia untuk Android dan iOS dengan jenis “freemium”.

Twilio Authy

Otentikasi dua faktor (2FA) sangat penting dan Anda jangan pernah bosan jika mendapatkan saran untuk mengaktifkan fitur ini. Twilio Authy adalah salah satu alat terbaik untuk tugas mengelola kode 2FA Anda.

Alat ini bekerja dengan banyak akun, termasuk Google, Microsoft, Facebook, Evernote, dan Dropbox. Tersedia gratis untuk Android dan iOS.

Firefox Focus

Ada peramban yang berfokus pada privasi, tapi Firefox Focus adalah peramban yang memblokir iklan dan pelacak secara default, memberikan pengguna pengalaman penjelajahan yang cepat, aman, dan sebagian besar tidak terlacak.

Lebih baik lagi, ada ikon tempat sampah besar di bagian atas layar Firefox Focus yang akan menghapus riwayat penelusuran, kata sandi yang disimpan, dan cookies situs web dengan satu ketukan. Ini seperti memiliki akses instan ke mode pribadi atau penyamaran kapan pun Anda langkah online.

Firefox Focus tersedia gratis di Android dan iOS.

Bouncer

Bouncer pada dasarnya memungkinkan Anda memberikan izin ke aplikasi secara sementara. Sederhananya, Anda ingin memberi izin kepada Facebook untuk menandai foto, tetapi tidak ingin foto itu mengakses lokasi Anda sepanjang waktu, maka Bouncer bisa menjadi solusi. Izin dapat dicabut setelah waktu tertentu atau saat aplikasi ditutup, dan juga menyimpan log aktivitas izin aplikasi. Bouncer tersedia gratis untuk Android.

Redaktur: Andi Nugroho

#keamanandanprivasi   #ponselpintar   #keamanansiber   #ancamansiber   #bouncer   #nortonlock   #firefoxfocus   #twilioauthy   #glasswire   #fing   #alfredhomesecuritycamera   #

Share:




BACA JUGA
Tips Antisipasi Pelecehan Seksual Melalui Media Sosial dari Polisi Siber
Peneliti Ungkap Kerentanan pada Find My Apple yang Mengekspos Histori Lokasi Pengguna
Ribuan Aplikasi Ekspos Data Pengguna karena Kesalahan Konfigurasi Penyimpanan Cloud
Server Perusahaan TI Pesawat SITA yang Dipakai 90 Persen Maskapai di Dunia Diretas, Singapore Airlines Terdampak
Direktur SAFEnet Kritik Polisi Virtual sebagai Bentuk Digital Panopticon