IND | ENG
Target Dua Juta Profesional IT, Huawei Gulirkan Program Sertifikasi Asia Pasifik

Ilustrasi

Target Dua Juta Profesional IT, Huawei Gulirkan Program Sertifikasi Asia Pasifik
Arif Rahman Diposting : Sabtu, 08 Agustus 2020 - 04:12 WIB

Cyberthreat.id - Huawei mengumumkan penyelenggaraan program sertifikasi untuk mengembangkan ekosistem SDM TIK komprehensif guna membuka jalan menuju transformasi digital berkelanjutan di wilayah Asia Pasifik.

Michael Macdonald, Chief Digital Officer and Executive Consultant of Huawei Asia Pacific, mengatakan program sertifikasi ini akan mencetak 2 juta profesional TIK dalam lima tahun ke depan untuk mengimbangi tingginya permintaan terhadap pekerja terampil.

"Landasan industri TIK baru sekarang terdiri atas Cloud Computing, Big Data, Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI)," kata Michael Macdonald dalam siaran pers, Jumat (7 Agustus 2020).

Program Sertifikasi TIK Huawei Asia Pasifik terbuka untuk siswa dan praktisi TIK yang telah bergabung atau berencana untuk bergabung di Huawei Asia Pacific ICT Academy. Program ini berlangsung dari 4 Agustus hingga 30 November 2020.

Huawei berencana membangun lebih dari 200 Huawei ICT Academy dan melatih 10.000 sertifikasi ICT di wilayah Asia Pasifik. Ekosistem SDM TIK disebut sebagai strategi jangka panjang Huawei untuk dapat mempertahankan pertumbuhan rantai industri yang berkelanjutan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kurangnya tenaga kerja sangat terampil telah menjadi keprihatinan yang berkembang di negara-negara di dunia, termasuk Asia Pasifik yang merupakan salah satu kawasan dengan perkembangan sektor TIK paling cepat.

"Ekosistem ini terdiri atas tiga inisiatif: Huawei Certification, Huawei Academy, dan Huawei ICT Competition."

Huawei Certification merupakan standar sistem SDM yang mencakup 100 ujian sertifikasi dan 22 bidang teknis, yang telah mensertifikasi lebih dari 260.000 siswa dan karyawan TIK, termasuk 19.000 di Asia Pasifik.

Diluncurkan pada 2013, Huawei ICT Academy telah melibatkan lebih dari 900 institusi pendidikan tinggi yang menawarkan kursus dan pelatihan TIK kepada lebih dari 45.000 siswa setiap tahun.

Hingga saat ini, Huawei telah mendirikan 103 ICT Academy di wilayah Asia Pasifik. Adapun Huawei telah memulai Huawei Competition pada tahun 2015 guna mempromosikan pengembangan SDM melalui kontes berbasis pengetahuan internasional. []

#Huawei   #sdmunggul   #ekosistem   #AsiaPasifik   #talentadigital   #ai   #IoT   #bigdata   #cloud

Share:




BACA JUGA
BSSN-Huawei Techday 2024
Keamanan Siber Membutuhkan People, Process, dan Technology.
Indonesia Dorong Terapkan Tata Kelola AI yang Adil dan Inklusif
Intelligent Sensing, Bagian Integral Pemerintahan Smart Cities
Huawei Pamerkan Produk Unggulan di MWC Barcelona
Microsoft Merilis PyRIT - Alat Red Teaming untuk AI Generatif