IND | ENG
Apple Berikan Kursus Coding Gratis untuk Para Guru

Ilustrasi | Foto: Istimewa

Apple Berikan Kursus Coding Gratis untuk Para Guru
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Jumat, 10 Juli 2020 - 19:27 WIB

Cyberthreat.id - Apple memberikan kursus coding Swift, Xcode, untuk para guru secara gratis. Kursus online ini bertujuan mendidik para guru sehingga nanti bisa mengajarkan kepada siswanya bagaimana mengembangkan aplikasi dengan Swift.

Xcode adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Enviroment/IDE) untuk macOS yang berisi seperangkat alat pengembangan perangkat lunak untuk mengembangkan perangkat lunak untuk macOS, iOS, iPadOS, watchOS, dan tvOS,

Sedangkan Swift adalah bahasa pemrograman kompilasi untuk tujuan umum, multi-paradigma, yang disusun yang dikembangkan iOS, macOS, watchOS, tvOS, Linux, dan z/OS.

Kursus coding gratis ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan orang tua guna mendukung siswa yang belajar dari rumah karena pandemi Covid-19. Dan program ini bertujuan jangka panjang.

Kursus ini mencakup kurikulum Develop in Swift dan Everyone Can Code yang disempurnakan, dan kursus pembelajaran profesional baru untuk Develop in Swift yang tersedia bagi para pendidik secara gratis.

Susan Presscot - wakil presiden Apple untuk Market, Apps, dan Services - mengatakan kursus Koding ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Apple dalam memperluas akses ke pendidikan ilmu komputer. Apple menjalin kesepakatan dengan para guru agar lebih memperluas pengetahuan dan mengembangkan kemampuan Koding untuk melahirkan generasi developer berikutnya.

"Kami senang dapat menambahkan kursus pembelajaran profesional baru untuk membantu lebih banyak pendidik - terlepas dari pengalaman mereka - (terpenting) memiliki kesempatan untuk mempelajari pengkodean dan melahirkan generasi berikutnya para developer dan desainer," kata Prescott.

Sebelumnya Apple telah melihat mahasiswa perguruan tinggi membangun aplikasi keamanan pangan untuk kampus mereka masing-masing dan menyaksikan pendidik sekolah menengah (SMU) mengadakan klub pengkodean virtual selama liburan musim panas.

Kursus Develop in Swift juga mengajarkan guru dan siswa cara menggunakan Xcode pada Mac, IDE Apple untuk membangun proyek Swift. Apple bahkan memperbarui kursus pengodean Everyone Can Code, yang ditujukan untuk siswa di kelas 4 hingga 8 di AS dengan menggunakan teka-teki hingga permainan untuk mengajar Swift melalui aplikasi Swift Playgrounds.

Untuk para orang tua, Apple membantu bagaimana agar anak-anak belajar cara membuat kode. Sebelumnya Apple telah merilis sumber belajar jarak jauh bernama "A Quick Start to Code" yang ditujukan untuk siswa berusia 10 tahun ke atas.

Ada juga situs web "Pembelajaran dari Rumah" yang memberi para guru dan orang tua video-video berdasarkan permintaan dan konferensi virtual tentang pembelajaran jarak jauh. Tak sampai di situ, Apple juga menghubungkan mereka ke sesi pelatihan yang diselenggarakan oleh pelatih profesional.

Saat ini sudah ada lebih dari 9.000 K-12 dan lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia mengikuti program Everyone Can Code dan Develop in Swift. []

Redaktur: Arif Rahman

#Apple   #IOS   #macOS   #Koding   #kursuskodinggratis   #sektorpendidikan   #Swift   #everyonecancode   #ide   #developinswift

Share:




BACA JUGA
Peneliti Ungkap Kerentanan pada Find My Apple yang Mengekspos Histori Lokasi Pengguna
Pemerasan Seksual, Bagaimana Kita Menghadapinya?
PEMBUAT PHISING KIT 16SHOP - RISWANDA NOOR SAPUTRA
Saya Hanya Bikin 16Shop yang Targetkan Apple, Amazon, dan PayPal
[EXCLUSIVE] Pengakuan Riswanda, Hacker Indonesia Pembuat Alat Peretas 16Shop yang Gegerkan Peneliti Keamanan Siber Dunia
WhatsApp Desktop Akhirnya Bisa Panggilan Suara dan Video, Diklaim Terapkan Enkripsi End-To-End