IND | ENG
Linkedln Janji Perbaiki Masalah Akses Data Clipboard di Perangkat iOS

LinkedIn | Foto: Freepik.com

Linkedln Janji Perbaiki Masalah Akses Data Clipboard di Perangkat iOS
Tenri Gobel Diposting : Minggu, 05 Juli 2020 - 18:44 WIB

Cyberthreat.id – Linkedln mengonfirmasi adanya cacat aplikasi yang mengganggu privasi penggunanya di perangkat iOS, Kamis (2 Juli 2020).

Menurut Linkedln, masalah itu ditemukan pada pengguna yang menggunakan iOS 14 versi beta.

Masalah tersebut memiliki kemiripan dengan temuan peneliti keamanan siber independen Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk pada Maret lalu. Sejumlah aplikasi seluler yang bermasalah itu, termasuk TikTok, Reuters, New York Times, dan lain-lain. (Baca: Gawat! TikTok, New York Times, dan Reuters Mengakses Data Clipboard Perangkat iOS)

Temuan keduanya menunjukkan, puluhan aplikasi dengan sengaja membaca teks dari clipboard pengguna tanpa alasan yang jelas.

Pengguna Linkedln mengalami hal serupa. Ketika pengguna iOS 14 versi beta membuka aplikasi Linkedln, fitur keamanan iOS langsung memberitahu via sembulan (popup) bahwa aplikasi membaca konten clipboard perangkat.

Fitur keamanan terbaru pada iOS--yang akan diluncurkan sekitar September 2020--tersebut memang dibuat Apple untuk memperkuat keamanan dan privasi penggunanya.

Sebelumnya, TikTok mengklaim masalah yang terjadi karena bagian dari mekanisme fitur deteksi penipuan. Perusahaan mengklaim tak pernah mencuri konten di clipboard pengguna dan berjanji akan segera memperbaiki bug tersebut.

Pengembang Urspace.io—pembuat situs web yang menarik informasi dari Linkedln dan Github—juga memperkuat masalah privasi di Linkedln versi iOS.

Dalam video yang dibagikan di Twitter, pengembang Urspace.io menunjukkan bagaimana Linkedln membaca konten clipboard setiap pengguna membuka aplikasi. Tak hanya itu, bahkan aplikasi juga mengakses clipboard macOS.

Menanggapi hal itu, Erran Berger, VP Engineering of Consumer Products di LinkedIn, juga menghubungi Twitter untuk mengklarifikasi masalah ini dan menjanjikan perbaikan.

"Kami tidak menyimpan atau mentransmisikan konten clipboard. Kami akan menindaklanjutinya...," tutur Berger seperti dikutip dari ZDNet, diakses Mingg (5 Juli 2020).[]

Redaktur: Andi Nugroho

#ios   #clipboardios   #iphone   #apple   #google   #tiktok   #reuters   #newyorktimes   #ancamansiber   #serangansiber   #perlindungandatapribadi   #keamanansiber   #linkedin

Share:

BACA JUGA
Setelah Reels di Instagram, Facebook Ujicoba Video Bergaya TikTok
Imbas Larangan Transaksi ke WeChat, Sejumlah Perusahaan AS Protes ke Trump
Epic Games: Apple Memonopoli Pasar Aplikasi untuk Ekosistem iOS
Google Setop Beri Data ke Otoritas Hong Kong, Ini Alasannya
Lima Alasan Senator AS Surati FTC Minta Selidiki Pengumpulan Data TikTok