IND | ENG
Enam Langkah Memperkuat Keamanan Perangkat iOS

Ilustrasi | Foto: Unsplash

Enam Langkah Memperkuat Keamanan Perangkat iOS
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Minggu, 05 Juli 2020 - 14:50 WIB

Cyberthreat.id – Apple diklaim sebagai produsen perangkat seluler yang mendesain tingkat keamanan tinggi dibandingkan perangkat Android.

Jarang sekali aplikasi seluler yang dicurigai sebagai spyware atau perangkat jahat lain masuk ke App Store. Meski terbilang aman, tak jarang peretas berusaha menargetkan atau mencari titik lemah sistem operasi iOS yang dipakai iPhone atau iPad.

Untuk memperkuat keamanan pada perangkat Apple Anda, seoperti dikutip dari ZDNet, Sabtu (4 Juli 2020), langkah-langkah berikut bisa dilakukan:

Pastikan kata sandi kuat

Jangan menggunakan kata sandi yang mudah, misalnya, 000000, 123456, nama pasangan, nama orangtua, dan nama hewan peliharaan. Gunakan kata sandi kuat dengan kombinasi angka, huruf kapital, dan lebih dari 6 karakter.

Penggunaan kata sandi yang sulit akan membantu memperkuat keamanan perangkat dan mempersulit peretas mengakses ponsel Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi pengelola kata sandi, iCloud Keychain, untuk menyimpan kata sandi di situs web, kini aplikasi dapat digunakan untuk memeriksa penggunaan kata sandi yang dinilai buruk atau lemah.

Caranya: masuk ke menu Settings>Face ID & Passcode (atau Touch ID & Passcode untuk iPhone lawas). Selanjutnya, ikuti langkah yang diminta.

Kontrol kebocoran data

Saat ini pengguna Apple dengan iOS 13 akan diberikan kesempatan untuk mengendalikan seberapa banyak informasi yang dapat diakses saat perangkat terkunci.

iOS 13 emberikan kendali atas Siri, Control Center, Noticatiion Center, Reply with Message, Home Control, Wallet, Today View, Return Missed call, dan USB Accessories.

Yang menarik, salah satunya, kendali atas USB Accessories. Ini sangat berguna untuk mencegah lubang charger (Lightning port) digunakan untuk menghubungkan ke aksesori apa pun jika iPhone atau iPad pengguna telah dikunci selama lebih dari satu jam.

Untuk mengontrol ini  Settings>Face ID & Passcode (atau Touch ID & Passcode untuk iPhone lawas). Selanjutnya, ikuti langkah yang diminta.

Kurangi batas waktu layar terkunci

Semakin pendek waktu pengaturan batas waktu layar kunci , semakin cepat layar iPhone atau iPad Anda akan memerlukan autentikasi untuk mengaksesnya. Sangat disarankan untuk mengaktifkan batas waktu kunci layar yang paling singkat untuk meningkatkan keamanan perangkat pengguna.

Batas waktu kunci layar ini, pengguna diberikan waktu mulai dari 30 detik hingga tidak diaktifkan sama sekali. 

Untuk mengaktifkan batas waktu kunci layar pengguna bisa langsung masuk ke Settings > Display & Brightness > Auto-Lock.

Sembunyikan pratinjau notifikasi

Sembunyikan pratinjau notifikasi untuk mencegah orang lain melihat data milik Anda dan membantu melindungi perangkat Abda.

Untuk mengatur pratinjau pemberitahuan pengguna bisa buka Settings > Notifications, lalu klik Show Previews dan pilih When Unlocked.

Reboot perangkat sepekan sekali

Reboot atau restart perangkat setiap pekan atau lebih. Ini tidak hanya akan meningkatkan kinerja, tetapi juga cara sederhana untuk melindungi diri dari eksploitasi jarak jauh.

Unduh dan instal iVerify

iVerify merupakan pemindai keamanan yang memastikan pengguna memanfaatkan fitur keamanan dasar seperti Touch ID/ Face ID, Screen Lock. Ini juga menjalankan pemindaian perangkat yang mencari anomali keamanan dan memberitahu Anda. Sayangnya, iVerify tidak gratis dan harus dibeli seharga US$ 2,99 atau sekitar Rp 44.000.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#iphone   #privasi   #datapribadi   #perlindungandatapribadi   #ios13   #keamanansiber   #ancamansiber   #keamanandata   #serangansiber   #apple

Share:

BACA JUGA
Edmon Makarim: Upaya Pemusnahan Data Pribadi yang Tidak Difungsikan Perlu Didorong
Instagram Tidak Menghapus Foto, Video, dan Pesan DM dari Servernya
Imbas Larangan Transaksi ke WeChat, Sejumlah Perusahaan AS Protes ke Trump
Epic Games: Apple Memonopoli Pasar Aplikasi untuk Ekosistem iOS
Fortnite Ditendang dari iOS dan Android, Epic Games Gugat Apple dan Google