IND | ENG
Google Mengumpulkan Informasi tentang Anda, Ini Cara Menghapusnya

Google | Foto: Unsplash

Google Mengumpulkan Informasi tentang Anda, Ini Cara Menghapusnya
Andi Nugroho Diposting : Jumat, 03 Juli 2020 - 20:48 WIB

Cyberthreat.id – Google mungkin mengumpulkan lebih banyak data pribadi tentang penggunanya dari apa yang mungkin Anda kira.

Salah satu yang bisa Anda pahami adalah Google Maps. Aplikasi ini mencatat ke mana saja penggunanya bergerak.

Mulai Juni lalu, akun Google baru akan secara otomatis menghapus data pribadi penggunanya. Namun, itu hanya setelah 18 bulan, barulah terhapus secara otomatis.

Sayangnya, itu hanya akun baru Gmail. Bagaimana jika Anda adalah bagian dari 1,5 miliar orang pengguna Gmail, akun Anda tentu akan tertahan selamanya, kecuali jika Anda memberitahu Google untuk menghapusnya.

Kemungkinan besar Google telah mengetahui nama Anda, wajah, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email, kata sandi, dan nomor telepon.

Nah, untuk melihat apa yang dibagikan Google tentang diri Anda, bisa melakukan langkah berikut ini, seperti dikutip dari CNET, diakses Jumat (3 Juli 2020).

  • Buka jendela browser dan arahkan ke halaman akun Google Anda.
  • Ketik nama pengguna Google Anda (dengan atau tanpa “@gmail.com”)
  • Dari bilah menu, pilih Personal info dan tinjau informasinya. Anda dapat mengubah atau menghapus foto, nama, tanggal lahir, jenis kelamin, kata sandi, email dan nomor telepon lainnya.
  • Jika Anda ingin melihat informasi Anda tersedia untuk umum, gulir ke bawah dan pilih Go to About me.
  • Pada halaman ini, setiap baris ditandai dengan ikon orang (terlihat oleh siapa saja), ikon gedung kantor (hanya terlihat oleh organisasi Anda) atau ikon kunci (hanya terlihat oleh Anda). Pilih item untuk memilih apakah akan dijadikan publik, semi publik atau pribadi. Saat ini tidak ada cara untuk membuat akun Anda benar-benar pribadi.

Jika Anda ingin mengatur lebih banyak lagi. Anda bisa masuk ke Data & personalization di halama akun Google Anda.

Ketika Anda mengklik menu tersebut, akan ada kontrol aktivitas Anda, seperti Web & App Activity, Location History, dan YouTube History. Anda bisa mengklik satu-satu, lalu mengedit atau menonaktifkan.

Dari semua data pribadi yang dilacak Google, pencarian YouTube dan riwayat tontonan mungkin yang paling tidak berbahaya.

Namun, jika ingin menghapus riwayat pencarian YouTube, Anda juga bisa melakukannya baik secara manual atau dengan interval tiga atau 18 bulan. Anda tinggal klik di bagian YouTube History dan tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada.[]

#datapribadi   #google   #akungoogle   #hapusakungoogle   #internet   #perlindungandatapribadi

Share:

BACA JUGA
Awas, Kerentanan Zero-Day di Windows 10 dan Internet Explorer 11
Edmon Makarim: Upaya Pemusnahan Data Pribadi yang Tidak Difungsikan Perlu Didorong
Instagram Tidak Menghapus Foto, Video, dan Pesan DM dari Servernya
Imbas Larangan Transaksi ke WeChat, Sejumlah Perusahaan AS Protes ke Trump
Google Setop Beri Data ke Otoritas Hong Kong, Ini Alasannya