IND | ENG
Hadapi New Normal, PT Pos Indonesia Bikin Aplikasi Telekonferensi Video Space

Ilustrasi | Foto: PT Pos Indonesia

Hadapi New Normal, PT Pos Indonesia Bikin Aplikasi Telekonferensi Video Space
Andi Nugroho Diposting : Kamis, 28 Mei 2020 - 09:15 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id – PT Pos Indonesia (Persero) mengembangkan layanan digital untuk menghadapi tatanan kehidupan baru usai pandemi virus corona (Covid-19) atau kehidupan normal baru (new normal).

Direktur Strategis dan Kelembagaan PT Pos Indonesia (Persero) Noer Fajrieansyah dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (27 Mei 2020) menyampaikan fitur dan layanan digital bakal menjadi ujung tombak operasional Pos Indonesia ke depan.

Ia mengatakan perseroan saat ini telah membuat aplikasi telekonferensi video bernama Space. Aplikasi ini dipakai untuk media rapat secara virtual. Selain itu, perusahaan juga membuat aplikasi di bidang layanan keuangan bernama Pos Giro Mobile.

"Dengan hadirnya aplikasi Space ini, kami ingin menciptakan kemudahan dan meningkatkan pelayanan pelanggan di new normal melalui layanan digital," kata dia seperti dikutip dari Antaranews.com.

Pengembangan Space pada tahap awal ini, lanjut dia, diharapkan menjadi solusi atas kebutuhan komunikasi dan koordinasi internal yang lebih cepat serta efisien dalam menunjang operasional bisnis.

Noer mengemukakan seperti halnya aplikasi telekonferensi video lain, Space diklaim lebih aman, efektif, dan efisien dari sisi biaya karena dibuat dan dikembangkan sendiri oleh tim TI Pos Indonesia.

Aplikasi tersebut bisa menjangkau pelosok dan menggunakan bandwidth bersifat adaptif. Space tetap dapat berjalan pada koneksi data rendah (minimal 50 kbps) dan akan menampilkan kinerja yang maksimal di bandwidth tinggi.

"Implementasi layanan ini dinilai sangat cocok untuk menjembatani komunikasi di internal Pos Indonesia, karena memiliki jumlah karyawan yang besar, kondisi regional yang tersebar di seluruh Indonesia, dan akses internet tidak merata," kata Noer.

Aplikasi Space berjalan berbasis web juga tersedia untuk perangkat seluler Android dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen SDM PT Pos Indonesia (Persero).

Terkait dengan Pos Giro Mobile, Noer menjelaskan, bisa diunduh di Google Play Store sehingga pengguna dapat melakukan transaksi layanan jasa keuangan Pos Indonesia seperti biasa.

Pos Giro Mobile, lanjut dia, dibuat untuk berkompetisi merebut pasar financial technology serta mendukung strategi nasional dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.[]

#newnormal   #normalbaru   #covid-19   #viruscorona   #ptposindonesia   #telekonferensivideo   #videoconference

Share:

BACA JUGA
Peneliti Temukan Ransomware yang Menyamar Sebagai Aplikasi Covid-19 Kanada
Riset: Covid-19 dan Lockdown Bikin Serangan DDoS Melonjak 542 Persen
Kampus di AS Meneliti Covid-19 Diserang NetWalker, Bayar Tebusan Rp 16,3 Miliar
Demi Hemat Internet, Google Photos Tak Lagi Cadangkan Foto dari WhatsApp
Telkom Klaim Bekerja 24 Jam Periksa Log Amankan Aplikasi PeduliLindungi