IND | ENG
Pekan Lalu: Peta Corona hingga Malware Baru Trickbot

Ilustrasi | Foto: freepik.com

Pekan Lalu: Peta Corona hingga Malware Baru Trickbot
Andi Nugroho Diposting : Senin, 23 Maret 2020 - 11:41 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id - Kasus wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia dalam dua pekan terakhir langsung melonjak drastis. Saat ini jumlah penderita Covid-19 mencapai 514 orang dengan rincian: 48 orang meninggal, 28 orang sembuh, dan sisanya masih dirawat. (data per 22 Maret 2020).

Sepanjang sepekan terakhir, kami lebih banyak mengulas isu-isu Covid-19 dari sisi siber, termasuk ancaman siber saat bekerja dari rumah (work from home). Ada pula isu lain yang masih menarik untuk Anda baca awal pekan ini, Senin (23 Maret 2020). Berikut daftarnya:

Wabah Virus Corona

Peta persebaran Covid-19 di Indonesia

Imbas Covid-19

Wabah Covid-19 di Dunia

Bekerja dari Rumah

Indonesia

Dunia

Depkes AS Diserang DDoS

Situs web Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Amerika Serikat dihantam serangan DDoS pada Minggu malam (15 Maret 2020). Pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg, penyerang pada Minggu malam berusaha untuk mengganggu penyebaran informasi Covid-19 dengan melakukan serangan DDoS terhadap situs web HHS.gov.

Soal RPM PSE, Pemain Lokal Disorot

Pakar hukum ICT dari Tordillas, Affan Giffari, menilai pemerintah harus menuntaskan persoalan infrastruktur cyber maupun infrastruktur fisik guna mendukung Rancangan Peraturan Menteri (RPM) Kominfo tentang Tata Kelola Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Bisnis data center memiliki potensi besar ke depan sehingga kepastian hukum akan mendukung iklim investasi yang baik di sektor ini.

Lagi, Ditemukan Bentuk Baru Malware Trickbot

Peneliti perusahaan keamanan siber Bitdefender menemukan bentuk baru dari malware Trickbot yang menargetkan perusahaan telekomunikasi, universitas, dan lembaga keuangan di AS dan Hong Kong. Target-target itu dipilih sebelumnya berdasarkan alamat IP. Ini menunjukkan bahwa penyerang mengejar mereka secara khusus. Malware baru tersebut diduga aktif sejak Januari 2020.[]

#covid-19   #viruscorona   #coronavirus   #malware   #trickbot   #ransomware   #bssn   #ddos   #vpn

Share:

BACA JUGA
Mengenal Karakteristik Adware, Tak Sama dengan Virus atau Spyware
Project Freta, Proyek Microsoft Deteksi Malware di Mesin Virtual Cloud
Awas, Indonesia Sasaran Cryptojacking, Kenali Ciri-ciri Serangannya
ICSF: Digital Forensik Buktikan Fakta Hukum Data Breach, Jangan Sembarang Tuduh
Peretas Ransomware yang Ditangkap Polri Buka Bisnis Peretasan