IND | ENG
Pekan Lalu: Penjahat Covid-19 hingga Ancaman Kerja Remote

Ilustrasi | Foto: thenewdaily.com.au

Pekan Lalu: Penjahat Covid-19 hingga Ancaman Kerja Remote
Andi Nugroho Diposting : Senin, 16 Maret 2020 - 09:11 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id – Wabah penyakit virus corona (Covid-19) masih menjadi perbincangan publik selama sepekan terakhir. Eskalasi pasien positif Covid-19 di Indonesia meningkat dalam hanya dalam tiga hari terakhir dan kini telah mencapai 117 kasus (5 meninggal, 8 sembuh, sisanya masih dirawat).

Serangan berkedok Covid-19 juga muncul dan mengarah pada pemerasan dan pencurian kredensial pengguna internet. Huawei juga masih menjadi pembahasan penting di negara-negara Barat. Kini giliran parlemen Inggris dibuat gaduh soal keputusan negara itu menerima Huawei dalam proyek jaringan 5G.

Berikut sejumlah berita pekan lalu yang masih menarik untuk dibaca kembali awal pekan ini:

Muncul Foto Telanjang, Situs Web Disnaker Madiun Diperbaiki

Setelah berbulan-bulan menjadi tempat para hacker berpesta pora, Dinas Tenaga Kerja Madiun, Jawa Timur, akhirnya memperbaiki situs web yang mereka kelola. Sebelumnya, situs itu seperti tak bertuan. Selama berbulan-bulan, para hacker mengulik website dengan nama domain http://disnaker.madiunkab.go.id itu.

Pandemi Global Covid-19 dan Dunia Maya

Wabah virus corona (Covid-19) telah dinyatakan sebagai pandemi global oleh WHO pekan lalu. Penjahat dunia maya memanfaatkan kepopuleran wabah ini untuk kejahatan mulai email phishing hingga penyebaran ransomware. Namun, tak hanya itu, perusahaan media sosial juga bekerja keras menghalau hoaks tentang corona. Sejumlah pengembang membuat aplikasi tentang berita terbaru Covid-19.

Efek Wabah Covid-19


Aplikasi Covid-19


Kejahatan Berkedok Covid-19


Belajar Coding di Coding Bootcamp

Untuk melahirkan banyak tenaga kerja yang menguasai bahasa pemograman (coding), saat ini mulai bermunculan coding bootcamp yang menawarkan berbagai program intensif belajar coding.


Akun Twitter Menhan Isreal Diretas

Akun Twitter Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennet diretas pada Jumat (6 Maret 2020) malam dan menampilkan bendera Palestina. Bennet juga dikenal sebagai Ketua Aliansi Politik Yamina, yang memiliki ideologi politik Zionisme. Selain mengunggah konten yang mendukung Palestina, peretas juga menampilkan lirik lagu kebangsaan dan bendera Turki. Namun, unggahan tersebut kini telah dihapus setelah dilaporkan ke platform.

Situs Web Pemkab Cilegon Diijahili Hacker

Situs website milik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilegon, Banten, dijahili peretas. Tampilan halaman mukanya berubah seluruhnya. Diakses pada Selasa pagi (10 Maret 2020), tampilan situs dengan nama domain http://diskominfo.cilegon.go.id itu telah berubah. Pelaku mengganti tampilan sebelumnya dengan gambar seorang lelaki berjanggut sedang rebahan dan disertai keterangan "santuy", merujuk pada kata santai.


Sensor Tower Ambil Data Lewat Aplikasi VPN

Sensor Tower, platform analitik populer untuk pengembang dan investor teknologi, diam-diam mengumpulkan data dari jutaan orang yang telah menginstal VPN populer dan aplikasi pemblokiran iklan untuk Android dan iOS. Dilansir dari Buzfeednews, Senin (9 Maret 2020), aplikasi-aplikasi yang telah diunduh lebih dari 35 juta kali itu, tidak mengungkapkan koneksi mereka ke perusahaan. Tak pula memberi tahu pengguna bahwa data mereka disuplai ke Sensor Tower.

Google Play Protect Terburuk Deteksi Malware

Google Play Protect menunjukkan performa buruk selama tes laboratorium yang dilakukan peneliti AV-Test, perusahaan independen asal Jerman yang mengevaluasi perangkat lunak antivirus. Google Play Protect selama ini dikenal sebagai fitur keamanan di Android yang diklaim mampu mendeteksi malware , virus, atau aplikasi jahat lainnya yang bersembunyi di Play Store.

Menjajal Layanan Lacak dan Hapus Jejak Data Digital Kita

Pernahkah Anda membayangkan suatu ketika sebuah platform online diretas hacker, lalu data penggunanya dicuri dan data diri Anda termasuk di dalamnya?  Jika tidak, sebaiknya mulailah pikirkan itu. Apalagi, jika Anda pernah berbelanja online dan memasukkan data kartu kredit atau debit di dalamnya. Sebaliknya, bisa jadi Anda khawatir namun lupa ke platform mana saja Anda pernah memberikan data diri. Tanpa Anda sadari, bertahun-tahun data diri Anda mengendap di server pusat data mereka.

Geliat 5G China dalam Belitan Corona

Pengembangan jaringan nirkabel generasi 5G di China begitu cepat. Sejak tahun lalu, operator seluler setempat telah memperluas jangkauan 5G di puluhan kota. Tak hanya itu, sejumlah perusahaan China juga tengah mengembangkan teknologi berbasis 5G. Apakah wabah corona menghambatnya?

Hampir 1 Miliar Data Pengguna Aplikasi Intim Terekspos

Whisper, sebuah aplikasi sosial populer yang fokus utamanya untuk membuat penggunanya bisa berbagi rahasia secara anonim (seringkali bersifat intim), dilaporkan tidak melindungi basis data sekitar 900 juta penggunanya. Walhasil, data itu dapat diakses secara terbuka lewat intenet. 

Inggris Dibikin Gaduh karena Huawei

Selasa (10 Maret 2020), menjadi kegaduhan pertama di Parlemen Inggris atau House of Commons. Ini pukulan baru bagi Perdana Menteri Boris Johnson karena kegaduhan itu datang dari partainya sendiri: Partai Konservatif. Sejumlah angggota senior Tory, begitu julukan partai itu, menolak Huawei. Mereka meminta Huawei yang berisiko tinggi dikeluarkan secepatnya dari vendor yang mengembangkan jaringan 5G Inggris pada akhir Desember 2022.


Ketersediaan SDM, Masalah Klasik Transformasi Digital

Faktor ketersediaan sumber daya manusia (SDM) masih menjadi masalah klasik transformasi digital di Indonesia. Direktur CTI Group, Rachmat Gunawan, mengatakan transformasi digital sebenarnya sudah tidak asing bagi kalangan industri maupun masyarakat, tetapi masalah muncul ketika berbicara tentang ketersediaan manusia yang menjalankan dan menggunakan sistem elektronik tersebut.

Cegah Pelacakan, 7 Kejutan Firefox Versi Android

Peramban Firefox menjanjikan pembaruan besar-besar untuk pengguna ponsel Android. Salah satunya mencegah pelacakan oleh situs yang Anda kunjungi. Dikutip dari postingan blog organisasi pada 25 Februari 2020, Mozilla selaku pengembang Firefox menjanjikan 7 pembaruan bagi pengguna ponsel yang berjalan dengan sistem operasi Android besutan Google.

Strategi Siber AS Tak Siap Hadapi Rusia dan Iran

Strategi dunia maya yang dimiliki pemerintah Amerika Serikat ternyata dinilai tak siap untuk mencegah sebuah serangan siber dari Rusia, Iran, atau Korea Utara. Demikian sebuah laporan yang baru saja dirilis Rabu (11 Maret 2020) oleh sekelompok anggota parlemen bipartisan, Cyberspace Solarium Commission.

Perselisihan TikTok dan Amerika Serikat

Aplikasi media sosial TikTok terus berusaha meyakinkan pemerintah Amerika Serikat bahwa aplikasinya aman dan tak terkait apa pun dengan pemerintah China. Pada Rabu (11 Maret 2020), TikTok yang dimiliki oleh ByteDance Technology, perusahaan teknologi berkantor pusat di Beijing, China, mengumumkan akan membuka “Pusat Transparansi TikTok” pada Mei mendatang.


Kerja dari Rumah? Awas Ancaman Siber Mengintai

Setelah virus corona menyebar ke berbagai belahan bumi, sejumlah perusahaan raksasa  teknologi seperti Microsoft, Amazon, Apple, Twitter hingga Google menyarankan karyawannya bekerja dari rumah alias bekerja jarak jauh (remote working). Di Indonesia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada para pemain di dunia usaha untuk mempersiapkan protokol kerja jarak jauh. Tapi, hati-hati ancaman siber.[]

#covid-19   #coronavirus   #viruscorona   #corona   #ransomware   #covidlock   #huawei   #jaringan5g   #peretasan   #hacker   #workfromhom   #israel   #serangansiber   #ancamansiber   #malware   #tiktok

Share:

BACA JUGA
Project Freta, Proyek Microsoft Deteksi Malware di Mesin Virtual Cloud
Awas, Indonesia Sasaran Cryptojacking, Kenali Ciri-ciri Serangannya
TikTok Diblokir di India, Awas Beredar Tautan TikTok Pro via SMS!
ICSF: Digital Forensik Buktikan Fakta Hukum Data Breach, Jangan Sembarang Tuduh
Zoom Mulai Perluas ke Layanan Berlangganan Perangkat Keras