IND | ENG
Wah, Foto Wanita Telanjang Muncul di Situs Disnaker Madiun

Tangkapan layar laman situs web Dinas Tenaga Kerja Madiun yang menampilkan wanita telanjang dada. (bagian mata dan dada diedit redaksi)

Wah, Foto Wanita Telanjang Muncul di Situs Disnaker Madiun
Yuswardi A. Suud, Tenri Gobel Diposting : Kamis, 05 Maret 2020 - 13:04 WIB

Cyberthreat.id - Peretasan situs website milik Dinas Tenaga Kerja Madiun terus berlanjut. Setelah sebelumnya salah satu kontennya diganti dengan pesan untuk Presiden Joko Widodo, kini sejumlah halaman lain juga diduga dikerjai peretas. Bahkan, beberapa halaman di kanal 'Berita' sejumlah kontennya berganti dengan gambar wanita yang memperlihatkan payudaranya.

Diakses pada Kamis (5 Maret 2020), yang menjadi sasaran peretasan oleh hacker adalah konten pada kanal berita yang beralamat di http://disnaker.madiunkab.go.id/berita

Amatan cyberthreat.id, situs itu telah menjadi bulan-bulanan hacker sejak Januari 2020. Sedangkan update terakhir oleh pengelola situs pada bagian 'Artikel Terbaru' di halaman muka website terhenti sejak 2 Oktober 2019.


Tangkapan layar indeks kanal Berita pada situs Dinas Tenaga Kerja Madiun, Jawa Timur, diakses Kamis siang, 5 Maret 2020 (bagian yang berwarna hitam diedit oleh redaksi Cyberthreat.id)

Sementara peretasan oleh hacker masih terus berlangsung hingga hari ini, Kamis (5 Maret 2020). Terbaru, peretas menyisipkan pesan mengingatkan admin bahwa situs web itu tidak aman.

"Hacked by Tn.Dinas. [Hello Admin, Your Security Is Not Safe] Root Smile." tulis peretas dalam halaman yang diubah tampilannya itu.

Sebelumnya, pada Selasa lalu (3 Maret 2020), pada salah satu halaman yang diretas,  pelaku meninggalkan pesan untuk Presiden Jokowi.

"Hacked by Master_Z. Pak Presiden Jokowi saya ingin bertanya!! Mengapa banyak sekali pengemis di jalanan yang kelaparan? Padahal mereka memilih anda untuk menjadi presiden tapi kenapa Bapak tidak memperdulikan mereka yang kelaparan? Apakah ini balasan dari Bapak?!!!!," tulis pelaku peretasan memenuhi tampilan layar dengan latar hitam pada halaman http://disnaker.madiunkab.go.id/berita/detail/hacked-by-master_z-sct  

Peretasan itu tercatat di situs Defacer.id. Disebutkan, peretasan terjadi pada Selasa pagi (3 Maret 2020) pukul 05:56:45. Pelaku menamakan dirinya Master_Z dari Spongebon Cyber Team.

Hingga hari ini, pesan itu masih muncul di sana dan situs webnya masih online.

Cyberthreat.id telah berupaya mengontak pengelola situs itu lewat kanal "Hubungi" yang tersambung ke pengaduan via email. Namun, hingga berita ini ditulis, pesan yang dikirim belum dibalas.[]

#disnakerkabupatenmadiun   #hacker   #serangansiber   #deface   #ancamansiber   #keamanansiber   #madiun   #disnaker   #websitepemerintah

Share:

BACA JUGA
RUU KKS Resmi Digeser ke 2021, Begini Reaksi BSSN
Akun Instagram Nikita Mirzani Sempat Hilang, Apa yang Mungkin Terjadi Selain Diretas Hacker?
TikTok Diblokir, Aplikasi Berbagi Video India Justru Naik Daun
Satgas Waspada Investasi Tindak 105 Layanan Fintech Ilegal
KONSULTAN CYBERSECURITY HORANGI – NATASHA AMADEA
Nyemplung di Dunia Siber Itu Seru