IND | ENG
iOS 13.3.1 Dirilis, Pengguna Bisa Matikan Pencarian Lokasi

Ilustrasi | Foto: freepik.com

iOS 13.3.1 Dirilis, Pengguna Bisa Matikan Pencarian Lokasi
Andi Nugroho Diposting : Rabu, 29 Januari 2020 - 14:16 WIB

Cyberthreat.id –  Apple, produsen iPhone, telah merilis iOS 13.3.1 dengan banyak perbaikan kerusakan aplikasi (bug). Salah satu yang diperbarui adalah pengaturan baru untuk mematikan fitur pemeriksaan lokasi (tracking location) pada iPhone 11 dan iPhone 11 Pro.

Keluhan soal pemeriksaan lokasi itu datang pada Desember 2019, ketika Brian Krebs, jurnalis investigasi pada isu teknologi informasi, mengatakan, meski fitur “Service Location” telah dimatikan untuk semua aplikasi dan sistem, ternyata iPhone 11 terbarru masih sesekali memeriksa lokasi pengguna.

Dalam sebuah pernyataan kepada TechCrunch, yang dikutip oleh BleepingComputer, Apple mengatakan, pengecekan lokasi itu lantaran pada chip U1 iPhone 11 memakai teknologi penentuan lokasi yagn dikenal dengan ultra-wideband (UWB). Dengan begitu, perangkat yang dilengkapi U1 dapat mendeteksi posisi tepat terhadap perangkat lain di ruangan yang sama.

Apple menggunakan sistem UWB karena untuk meningkatkan fitur AirDrop, yang dapat mendeteksi perangkat terdekat, sebagai alternatif berbagi data. Karena teknologi UWB dilarang di sejumlah negara, iPhone pun perlu mengumpulkan data lokasi perangkat secara terus-menerus untuk mengetahui: apakah pengguna berada di lokasi yang terlarang atau tidak,seperti dikutip dari 9to5Mac.

Jika fitur “Service Location” itu menunjukkan pengguna berada di layanan terlarang, selanjutnya pengguna bisa mematikan ultra-wideband. Demikian alasan Apple mengapa terus-menerus mencari lokasi pengguna.

“Teknologi ultra-wideband adalah teknologi standar industri dan tunduk pada persyaratan peraturan internasional yang mengharuskannya dimatikan di lokasi tertentu [...] iOS menggunakan ‘Service Location’ untuk membantu menentukan apakah iPhone berada di lokasi terlarang atau tidak,” tutur Apple.

“Kepatuhan terhadap ultra-wideband dan penggunaan data lokasi sepenuhnya ada di perangkat dan Apple tidak mengumpulkan data lokasi pengguna,” Apple menambahkan.

Untuk mematikan fitur pemeriksaaan lokasi di iOS 13.3.1, caranya adalah sebagai berikut:

Masuk ke menu Settings>Privacy>Service Location>System Services. Selanjutnya, Anda akan menemukan pilihan “Network and Wirelss”.

Selain pengaturan pelacakan lokasi, iOS juga memperbaiki masalah di fitur “Screen Time”, “Car Play”, “Face Time, dan lain-lain. Di bawah ini adalah catatan rilis lengkapnya:

  • memperbaiki masalah pada “Communication Limits”, yang dapat memungkinkan kontak ditambahkan tanpa memasukkan kode sandi “Screen Time”.
  • menambahkan pengaturan untuk mengontrol penggunaan layanan lokasi oleh chip U1 ultra-wideband.
  • mengatasi masalah yang dapat menyebabkan penundaan sesaat sebelum mengedit foto “Deep Fusion” yang diambil pada iPhone 11 atau iPhone 11 Pro.
  • mengatasi masalah dengan aplikasi “Mail” yang dapat menyebabkan gambar jarak jauh dimuat, bahkan ketika pengaturan "Load Remote Images" dinonaktifkan.
  • memperbaiki masalah yang dapat menyebabkan beberapa dialog dibatalkan muncul di “Mail”.
  • Mengatasi masalah di mana “FaceTime” dapat menggunakan kamera ultra-lebar (ultra-wide camera) menghadap ke belakang alih-alih kamera lebar (wide camera).
  • menyelesaikan masalah di mana notifikasi push bisa gagal dikirim melalui wi-fi.
  • mengatasi masalah CarPlay yang dapat menyebabkan suara terdistorsi saat melakukan panggilan telepon di kendaraan tertentu.
  • memperkenalkan dukungan untuk suara Siri bahasa Inggris orang India untuk “HomePod”.[]
#iphone11   #iphone11pro   #apple   #iphone   #bug   #ios13   #tracklocation

Share:




BACA JUGA
Apple Keluarkan Patch untuk Zero-Day Kritis di iPhone dan Mac
Aktivitas ClearFake Diperluas, Targetkan Sistem Mac dengan Atomic Stealer
Peringatan: Microsoft Rilis Pembaruan Patch untuk 5 Kerentanan Zero-Day Terbaru
Fitur Bertenaga AI Jadi Medan Pertemburan Smartphone
Atasi Ancaman AI, Google Perluas Program Bug Bounty