IND | ENG
Militer AS Klaim Sukses Meredam Operasi Siber ISIS

Ilustrasi | Foto : PHXNews

Militer AS Klaim Sukses Meredam Operasi Siber ISIS
Eman Sulaeman Diposting : Rabu, 22 Januari 2020 - 01:00 WIB

Cyberthreat.id- Militer AS (Amerika Serikat) mengklaim telah berhasil mengganggu upaya propaganda online yang dilancarkan oleh ISIS (Islamic State in Iraq and Syria)  yang setidaknya dilancarkan  sejak 2016.

Dikutip dari SecurityWeek, Selasa, (21 Januari 2020), melalui dokumen-dokumen rahasia milik AS, militer AS mengatakan komando siber AS berhasil memperebutkan ISIS dalam domain informasi dan membatasi upaya daringnya dalam hal radikalisasi dan perekrutan dengan memaksakan waktu dan biaya sumber daya pada kelompok jihadis.

Dokumen-dokumen yang dirilis oleh Arsip Keamanan Nasional di Universitas George Washington tersebut juga menawarkan tampilan paling detail pada Operation Glowing Symphony, sebuah operasi peretasan ofensif pertama yang diakui oleh Pentagon.

“Penilaian tersebut menunjuk pada pengurangan yang signifikan dalam kampanye online yang dilakukan oleh ISIS, tetapi upaya tersebut dilakukan melalui proses yang panjang dan sulit untuk menyetujui operasinya,” tulis dokumen tersebut.

Disebutkan, operasi peretasan yang dilakukan oleh militer AS, mewakili tanggapan AS terhadap kekhawatiran tentang bagaimana kelompok-kelompok ekstremis telah menggunakan media sosial dan layanan online untuk mempromosikan perjuangan mereka.

“sering kali berupaya menyebarkan propaganda untuk perekrutan dan radikalisasi,” tambah dokumen tersebut.

Selain itu, menurut arsip universitas, dokumen-dokumen terbaru dan komentar publik oleh Kepala Komando Cyber Jenderal Paul Nakasone juga menawarkan petunjuk tentang bagaimana satuan tugas gabungan beroperasi  sebagai tanggapan terhadap upaya untuk mengganggu kampanye pemilihan Presiden AS.

Nakasone mengatakan dalam wawancara tahun 2019, bahwa gugus tugas lain yang disebut Rusia Small Group telah dibentuk untuk dapat dengan cepat mengatasi ancaman terhadap kampanye.

 

 

 

 

 

#AS   #ISIS   #operasisiber   #operationglowingsymphony   #dokumenrahasia   #perangsiber

Share:




BACA JUGA
Seni Menjaga Identitas Non-Manusia
Luncurkan Markas Aceh, Wamen Nezar Dorong Lahirnya Start Up Digital Baru
Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025
Pemerintah Dorong Industri Pusat Data Indonesia Go Global
Wamenkominfo Apresiasi Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Talenta AI Aceh