IND | ENG
CCTV Penjara Thailand Diretas, Hacker Siaran Live di YouTube

Ilustrasi | Foto: freepik.com

CCTV Penjara Thailand Diretas, Hacker Siaran Live di YouTube
Andi Nugroho Diposting : Jumat, 27 Desember 2019 - 10:08 WIB

Bangkok, Cyberthreat.id – Kamera pengawasan di sebuah penjara di Thailand bagian selatan diambil alih oleh peretas (hacker). Setelah berhasil meretas sistem jaringan kamera tersebut, ia menyiarkan langsung aktivitas para tahanan melalui YouTube selama beberapa jam pada Selasa (24 Desember 2019).

Kepolisian Thailand tengah menyelidiki kasus tersebut. Di YouTube, pelaku mengunggah siaran itu dengan nama akun BigBrother's Gaze. Namun, video itu kini sudah tersedia lagi di YouTube, demikian seperti diberitakan Associated Press, Rabu (25 Desember 2019).

Departemen Pemasyarakatan mengkonfirmasi bahwa sistem kamera keamanan di Penjara Lang Suan di Provinsi Chumphon diretas oleh orang tak dikenal dari luar Thailand.

Kamera-kamera pengintai tersebut, bersama dengan gawai lain, terhubung secara daring dengan sejumlah barang-barang internet (internet of things/IoT). Keamanan untuk barang-barang tersebut sering diabaikan oleh penggunanya, yang memungkinkan diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Pejabat itu, yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena dia tidak berwenang untuk mengeluarkan informasi seperti itu, mengatakan departemen mengetahui kejadian itu dari seorang reporter media lokal yang secara kebetulan menemukan siaran itu.

Direktur Jenderal Departemen Koreksi Polisi Kolonel Narat Sawettanan memerintahkan penjara untuk mematikan sistem kamera pengintai dan menyelidiki insiden tersebut. Dia juga memerintahkan komandan penjara untuk mengajukan proses hukum kepada polisi.

#thailand   #cyberattack   #cctv   #kamerapengawas   #penjarathiland   #keamanansiber   #serangansiber   #iot   #ancamansiber

Share:




BACA JUGA
83 Orang di Yogyakarta Ditangkap Terkait Operasi Pinjol Ilegal
Tercatat Lebih dari 1 Miliar Serangan Siber di Indonesia, BSSN: Ransomware dan DDoS Meningkat
Peretas Ratusan Situs Web Pemerintah dan Kampus untuk Iklan Judi Online Ditangkap
Apple Saja Kurang Menghargai Temuan Bug Hunter
Bank Swasta Terbesar Ekuador Diretas, Aplikasi Bank hingga Jaringan ATM Terdampak