IND | ENG
Mitigasi Potensi Tsunami, Nokia Uji Coba Drone Nirkabel

Nokia Drone | Foto : Dok. Nokia

Mitigasi Potensi Tsunami, Nokia Uji Coba Drone Nirkabel
Eman Sulaeman Diposting : Selasa, 19 November 2019 - 13:33 WIB

Jakarta,Cyberthreat.id- Nokia berhasil melakukan uji coba drone Nokia dalam jaringan private LTE yang didukung oleh Nokia Digital Automation Cloud. Uji coba tersebut dilakukan di kota Sendai, Jepang, untuk memitigasi bahaya tsunami.

Uji coba tersebut membuktikan bahwa penggunaan jaringan private LTE untuk mengendalikan dan berkomunikasi melalui drone merupakan langkah yang efektif untuk meningkatkan kesadaran akan potensi bencana serta berkomunikasi dengan masyarakat yang terkena dampak selama bencana.

John Harrington, Head of Nokia Jepang, mengatakan, uji coba tersebut dilakukan untuk pertama kalinya di dunia. Pihaknya  berhasil menyelesaikan uji coba penerbangan drone di Kota Sendai.

“Kami berhasil memperlihatkan efektivitas penggunaan drone dan private LTE untuk pencegahan dan mitigasi bencana. Melalui uji coba tersebut, kami berharap dapat berkontribusi pada pencegahan dan mitigasi bencana untuk Kota Sendai dan pemerintah daerah lainnya di Jepang,” kata John melalui siaran pers, Selasa, (19 November 2019).

John menjelaskan,  dengan menggunakan speaker, kamera High Definition (HD) dan kamera termal yang dipasang pada drone Nokia, penguji dapat mengirimkan rekaman gambar dan pesan suara secara real-time serta melakukan pemantauan udara dan streaming video.

Selama simulasi bencana, para penguji dapat memberikan peringatan bahaya tsunami kepada penduduk yang tinggal di kawasan pantai melalui pengeras suara dari drone, dan memantau zona kedatangan tsunami serta daerah di sekitar pantai melalui kamera drone.

“Penguji dapat turut membimbing penduduk ke lokasi evakuasi dengan menggunakan drone sebagai penunjuk arah dan memantau pergerakan mereka dengan menggunakan kamera drone. Uji coba tersebut turut menunjukkan bagaimana responden pertama dapat membantu dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana tanpa risiko bagi personel yang mengatur kegiatan evakuasi,” jelas John.

John menambhakan, Nokia Drone Networks merupakan layanan lengkap yang terdiri dari satu atau beberapa drone yang dilengkapi kamera HD dan termal dengan gimbal, jaringan nirkabel private LTE, pusat komando dan kontrol penerbangan drone, dan aplikasi analisis video.

Jaringan private LTE/4G mendukung konektivitas secara aman dan lancar, sehingga menjadikan jaringan tersebut lebih cocok untuk digunakan dalam kasus yang lebih besar dibandingkan dengan teknologi berbasis Wi-Fi yang digunakan dalam jaringan seluler publik.

Kecepatan tinggi dan latensi rendah mendukung drone untuk mengoptimalkan jangkauan, memastikan kapasitas yang cukup untuk streaming video di area yang luas dan memungkinkan pemrosesan informasi yang aman.

“Drone juga dapat diterbangkan ke daerah berpenduduk yang minim resiko, serta memiliki kontrol yang lebih baik dalam kondisi cuaca yang sulit,” ungkap John.

 

 

 

 

 

#nokia   #drone   #nirkabel   #privatelte   #sendai   #jepang   #ancamantsunami   #mitigasi

Share:




BACA JUGA
Potensi Pasar USD49 M, Industri Drone Lokal Gandeng Jerman Bidik Pasar Global
Drone Dipakai Selundupkan Narkoba dan HP di Penjara Skotlandia
Dibatasi Pasokan Chip oleh AS, China Melawan. Giliran Produsen AS Dicek Keamanan Sibernya
'Hegemoni Teknologi ' AS: Produsen Chip Asia Ditekan Syarat Subsidi Semikonduktor
Peneliti Temukan Kelemahan ProtokolĀ  WiFi. Sejumlah Produk Terkemuka Terkena Imbas