IND | ENG
Badai Serangan Hacker kepada Situs KPUD

istimewa

ANCAMAN PEMILU 2019
Badai Serangan Hacker kepada Situs KPUD
Irvan A Fauzi Diposting : Selasa, 19 Februari 2019 - 11:43 WIB

Jakarta, Cyberthreat.id – Penyelenggaraan Pemilihan Umum semakin dekat, namun ancaman cyber masih terus terjadi. Situs resmi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) menjadi sasaran para peretas atau hacker. Sebanyak 81 situs KPUD di berbagai daerah Indonesia telah diretas.

Informasi itu didapatkan Cyberthreat.id dari sebuah forum. Setelah ditelusuri, beberapa situs KPUD menampilkan pesan telah dibajak oleh para peretas.

Misalnya, situs dengan link https://kpu.kebumenkab.go.id/assets/download/malah menampilkan pesan “Owned by Typical Idiot Security Indonesian Hacker”.

Saat ditelusuri lagi, Typical Idiot Security ternyata adalah sebuah nama grup Facebook yang menjadi tempat pamer hasil meretas berbagai situs di dunia dan Indonesia. Para anggota grup ini saling mengomentari hasil kinerja admin grup Typical Idiot Security (TIS) dengan sorak sorai.

Situs KPUD Kabupaten Melawi dengan alamat http://kpu-melawikab.go.id/z.htm, malah berisi gambar kartun orang berpelukan dengan suara lagu dangdut koplo berjudul “Korban Janji” yang dinyanyikan Nella Kharisma. Bukannya menjadi sumber informasi, malah berisi bait lirik lagu “Koe lungo pas aku sayang-sayange. Tanpo pamit koe ngadoh ngono wae”.

Selain situs KPUD Kebumen, situs KPUD daerah lainnya juga menampilkan pesan sejenis. Beberapa link seperti, http://kpu-sumbawabaratkab.go.id/k.htm, malah menampilkan layar hitam berisi pesan “Hacked by Owlsquad” sambil memperdengarkan suara lagu rap.

Dalam pantauan Cyberthreat.id, para pengelola situs KPUD tersebut sepertinya melakukan pembiaran tanpa ada tindakan apa pun. Selama seminggu lebih, kondisi tersebut tanpa perbaikan.

Alamat situs KPUD yang juga dibajak adalah http://kpu-pareparekota.go.id/r.htm, menampilkan gambar statis kartun manga jepang dengan tulisan “Hacked by Mr. DreamX196”. Di bawahnya, nama-nama anggota kelompok haceker ini pun ditulis dengan tulisan merah.

Situasi yang sama terjadi di situs KPUD Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan alamat https://desk.kpu-banjarbarukota.go.id/ko.html. Sang pembajak menampilkan pesan “Hacked by Maestro404. We are Ghost in Your Security”.

Hanya satu website KPUD yang bergerak cepat memperbaiki kerusakan, yakni website KPUD Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, dengan alamat http://kpu-kayongutarakab.go.id/nindex.htm. Tadinya situs tersebut dibajak dan tak bisa diakses, namun setelah beberapa hari website dengan tampilan mirip blog tersebut sudah bisa diakses kembali.

Sekjen KPU Arief Rahman, saat dimintai komentar terkait hal tersebut, mengaku belum mengetahui dan mengalihkan wawancara kepada bagian Teknologi Informasi KPU.

#situs   #kpud   #situs   #kpu   #dihack   #ancaman   #siber   #ancaman   #pemilu   #2019

Share:




BACA JUGA
Paket npm Berbahaya Targetkan Pengembang
Kepala BSSN: Negara Maju Sibernya Kuat
Awal Ramadan, Aktivitas Peretasan Menurun
Humas PLN Disjaya: PLN Relatif Aman dari Ancaman Siber
Kombinasi Password Terburuk '123456' Dipakai 23 Juta Orang