IND | ENG
Pengadilan Kriminal Internasional Mendapat Serangan Siber di Tengah Penyelidikan Kejahatan Perang Rusia

Human Rights Watch

Pengadilan Kriminal Internasional Mendapat Serangan Siber di Tengah Penyelidikan Kejahatan Perang Rusia
Nemo Ikram Diposting : Sabtu, 23 September 2023 - 15:32 WIB

Cyberthreat.id - Pengadilan Kriminal Internasional (The International Criminal Court – ICC) mengatakan para penjahat telah membobol sistem TI minggu lalu, dan serangan tersebut belum berakhir. ICC mengatakan "insiden keamanan siber" masih berlangsung.

Dalam pernyataan yang dibagikan melalui situs yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, pengadilan kejahatan perang Den Haag mengatakan pihaknya mendeteksi “aktivitas anomali” pada akhir pekan lalu, dan segera mengambil tindakan “untuk menanggapi insiden keamanan siber ini dan mengurangi dampaknya.”

Pernyataan itu berlanjut:

  • Respons tambahan dan langkah-langkah keamanan kini sedang berlangsung, dengan bantuan dari otoritas Negara Tuan Rumah.
  • Ketika Pengadilan terus menganalisis dan memitigasi dampak insiden tersebut, prioritasnya adalah memastikan bahwa pekerjaan inti Pengadilan terus berlanjut.

Juru bicara ICC menolak menjawab pertanyaan The Register tentang penyusupan tersebut, termasuk siapa yang berada di balik serangan tersebut, bagaimana mereka membobolnya, apakah mereka mencuri data, dan apakah pelanggaran tersebut sepenuhnya dapat diatasi.

“Ke depannya, pengadilan akan melanjutkan pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan untuk memperkuat kerangka keamanan sibernya, termasuk mempercepat penggunaan teknologi cloud,” kata pernyataan itu.

ICC menambhakan, “tidak akan memberikan informasi lebih lanjut sehubungan dengan insiden tersebut. saat sekarang."

Tampaknya belum ada ransomware atau geng kriminal lainnya yang mengaku bertanggung jawab atas infiltrasi tersebut.

Pelanggaran keamanan ini terjadi ketika ICC menyelidiki dugaan kejahatan perang yang dilakukan oleh Rusia selama invasinya ke Ukraina.

Pada bulan Maret, hakim ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin dan Komisaris Hak Anak Maria Lvova-Belova karena diduga mengangkut anak-anak dari wilayah pendudukan Ukraina ke Rusia, tindakan yang ditetapkan sebagai kejahatan perang.

Kedua surat perintah tersebut terkait dengan perang yang sedang berlangsung di Ukraina sehingga totalnya menjadi 13 surat perintah penangkapan yang masih dalam proses, menurut pengadilan.

 

Surat perintah ini menjadikan ICC sebagai “target utama serangan dunia maya,” Jelle Wieringa, advokat kesadaran keamanan untuk EMEA di security shop KnowBe4 mengatakan kepada The Register.

Karena ICC mempunyai informasi mengenai kasus-kasus pidana, “akses terhadap informasi ini untuk tujuan merusaknya, atau untuk intelijen, merupakan cara yang ampuh bagi pelaku kejahatan untuk mempengaruhi dan mengganggu proses sistem peradilan pidana internasional,” kata Wieringa.

“Dilihat dari pernyataan mereka, ICC dalam keadaan siaga tinggi dan sedang menangani dampak serangan siber,” tambah Wieringa.

“Meskipun ICC adalah organisasi yang sangat profesional dan memberikan banyak perhatian pada pertahanan dunia maya, kejadian ini menunjukkan bahwa sebenarnya tidak ada organisasi yang bebas dari serangan dunia maya.”

Insiden ICC terjadi setelah beberapa serangan ransomware tingkat tinggi dalam beberapa minggu terakhir.

Ini termasuk upaya pemerasan yang menargetkan Kepolisian Greater Manchester di Inggris, Komisi Gabungan Internasional AS-Kanada, yang mengelola hak atas air di sepanjang perbatasan kedua negara, dan dua jaringan kasino dan hotel di Las Vegas, Caesars Entertainment dan MGM Resorts.[]

#icc   #serangansiber   #hacker   #rusia

Share:




BACA JUGA
Microsoft Ungkap Aktivitas Peretas Rusia Midnight Blizzard
Penjahat Siber Persenjatai Alat SSH-Snake Sumber Terbuka untuk Serangan Jaringan
Peretas China Beroperasi Tanpa Terdeteksi di Infrastruktur Kritis AS selama Setengah Dekade
Google Cloud Mengatasi Kelemahan Eskalasi Hak Istimewa yang Berdampak pada Layanan Kubernetes
Serangan siber di Rumah Sakit Ganggu Pencatatan Rekam Medis dan Layanan UGD