IND | ENG
Transformasi Digital Jambi, Kominfo Bangun 146 Titik Akses Internet dan 7 Unit BTS USO

Wamenkominfo Nezar Patria dalam acara seminar yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia dan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Merangin, Jambi di Aula Gelanggang Remaja Matraman, Jakarta Timur, Rabu (20/09/2023).

Transformasi Digital Jambi, Kominfo Bangun 146 Titik Akses Internet dan 7 Unit BTS USO
Kiki Sabrina Diposting : Kamis, 21 September 2023 - 11:44 WIB

Cyberthreat.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan percepatan transformasi digital nasional dengan membangun infrastruktur akses internet dan telekomunikasi agar lebih merata. 

Wakil Menkominfo Nezar Patria mengatakan sepanjang tahun 2015 s.d. 2021, Kementerian Kominfo telah membangun secara bertahap akses internet gratis untuk layanan publik serta Base Transceiver Station (BTS) di Provinsi Jambi. 

"Total semuanya ada 146 titik akses internet. Untuk fasilitas layanan kesehatan 97 lokasi, sekolah atau pendidikan 35 lokasi dan kantor pemerintahan 14 lokasi," jelasnya dalam acara seminar yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia dan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Merangin, Jambi di Aula Gelanggang Remaja Matraman, Jakarta Timur, Rabu (20/09/2023). 

Wamen Nezar Patria menyatakan, pembangunan fasilitas akses internet gratis tersebut tersebar di 11 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jambi. Menurutnya ada 2 titik untuk Kota Jambi, 38 titik di Kab. Batanghari, 13 titik di Kab. Bungo, 9 titik di Kab. Kerinci, 15 titik di Kab. Muaro Jambi, 13 titik di Kab. Muaro Jambi, 4 titik di Kab. Sarolangun, 13 titik di Kab. Tanjung Jabung Barat, 20 titik di Kab. Tanjung Jabung Timur, dan 9 titik di Kab. Tebo.

“Untuk Kabupaten Merangin total sebanyak 23 titik akses internet,” tandasnya.

Selain itu, selama tahun 2015 s.d. 2020, Kementerian Kominfo telah membangun BTS USO Dual Mode 2G/4G. Lokasi pembangunan BTS itu antara lain di di Desa Jati Baru Kec. Mandiangin Timur, Desa Meribung Kec. Limun, Desa Lubuk Bedorong Kec. Limun, Desa Sungai Keradak Kec. Air Hitam serta Desa Muara Air Dua Kec. Batang Asai (Kab. Sarolangun) 

“Di Kabupaten Merangin ada di Desa Ngaol Kec. Tabir Barat dan Desa Tanjung Kasri Kec. Jangat,” tutur Wamenkominfo.

Sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital, Kementerian Kominfo melaksanakan Program Pengembangan Sumberdaya Manusia Bidang Digital melalui gerakan literasi digital. Menurutnya, program itu ditujukan agar masyarakat Jambi cerdas dan produktif dalam ruang digital. 

"Program pendidikan literasi digital sebagai bagian dari transformasi digital sudah dilaksanakan dari tahun 2022 s.d. 2023. Di tahun 2022, 3.442 orang, tahun 2023 1.767 orang. Total 5.209," tandasnya.  

Acara tersebut dihadiri 200 orang kepala desa dan pengurus BPD dari Kabupaten Merangin. Selain Wamenkominfo, hadir sebagai narasumber Dirjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri Eko Prasetyanto Purnomo Putro dan Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kementerian Desa PDTT Luthfy Latief.[]

#nezarpatria   #wamenkominfo   #transformasidigital

Share:




BACA JUGA
Luncurkan Markas Aceh, Wamen Nezar Dorong Lahirnya Start Up Digital Baru
Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025
Wamenkominfo Apresiasi Kolaborasi Tingkatkan Kapasitas Talenta AI Aceh
Dukung Digitalisasi Aceh, Wamen Nezar Patria Percepat Pemerataan Konektivitas dan Talenta Digital
Utusan Setjen PBB: Indonesia Berpotensi jadi Episentrum Pengembangan AI Kawasan ASEAN