IND | ENG
PeduliLindungi Muncul Lagi di App Store, Celah Keamanan Aplikasi Telah Diperbaiki

Aplikasi PeduliLindungi | Foto: Kementerian Kominfo

PeduliLindungi Muncul Lagi di App Store, Celah Keamanan Aplikasi Telah Diperbaiki
Oktarina Paramitha Sandy Diposting : Kamis, 24 Februari 2022 - 17:26 WIB

Cyberthreat.id – Aplikasi PeduliLindungi yang sempat ditendang dari toko aplikasi Apple kini telah tersedia kembali pada Kamis (24 Februari 2022).

Aplikasi pelacak dan pendataan pasien Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah itu menghilang beberapa waktu lalu karena dianggap tidak sesuai kebijakan toko aplikasi, App Store—terjadi perubahan status menjadi privat. (Baca: Hati-hati, Pengguna iOS Harus Instal PeduliLindungi via Tautan, Aplikasi Didepak dari Toko Apple)

“Setelah sempat terkendala teknis dan tidak dapat ditemukan di toko aplikasi App Store, saat ini aplikasi PeduliLindungi sudah muncul kembali bagi pengguna yang ingin mengunduh dan memperbarui,” ujar Setiaji dalam keterangannya kepada Cyberthreat.id, Kamis.

Ia mengatakan, sejak muncul masalah tersebut, Kementerian Kesehatan langsung mengoordinasikan masalah tersebut dengan Apple Amerika SErikat selaku pengelola App Store.

Setelah dilakukan perbaikan selama beberapa hari, kini aplikasi tersebut sudah tersedia kembali untuk pengguna iOS dan telah diperbarui dengan versi terbaru 4.1.14.

“Kami juga sudah melakukan beberapa pembaruan ke versi 4.1.14 untuk meningkatkan fungsi dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakannya,” sebut dia.

Setiaji pun meminta untuk langsung memperbarui aplikasi ke versi terbaru untuk menikmati beberapa fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya. Pembaruan ini dilakukan tidak hanya pada fitur di aplikasi saja, tetapi juga dari sisi keamanan.

“Aplikasi ini akan terus kami kembangkan dan optimalkan ke depan dengan berbagai fitur baru yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. Maka dari itu, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik,” tutur Setiaji.[]

Redaktur: Andi Nugroho

#vaksin   #covid-19   #datapribadi   #perlindungandatapribadi   #sertifikatvaksin   #pedulilindungi   #appstore   #ios

Share:




BACA JUGA
Pemerintah Dorong Industri Pusat Data Indonesia Go Global
Google Penuhi Gugatan Privasi Rp77,6 Triliun Atas Pelacakan Pengguna dalam Icognito Mode
Serahkan Anugerah KIP, Wapres Soroti Kebocoran Data dan Pemerataan Layanan
Cacat pada Bluetooth, Peretas Dapat Ambil Alih Perangkat Android, Linux, macOS, dan iOS
Bawaslu Minta KPU Segera Klarifikasi Kebocoran Data, Kominfo Ingatkan Wajib Lapor 3x24 Jam